Jakarta (ANTARA) -
Philadelphia 76ers mendapatkan guard De'Anthony Melton dari Memphis Grizzlies yang membuat guard-forward veteran Danny Green menyeberang ke arah berlawanan disertai hak pilih ke-23 NBA Draft 2022.
 
Hak pilih tersebut menjadi satu-satunya hak yang dimiliki Sixers dalam rangkaian NBA Draft 2022 yang berlangsung di Barclays Center, New York, Kamis (23/6) waktu setempat.
 
Hak pilih itu digunakan untuk memilih forward Universitas Colorado State David Roddy yang akan memulai kariernya di Grizzlies, demikian dikutip dari situs resmi NBA, Jumat.

Baca juga: Magic pakai hak pilih pertama NBA Draft 2022 rekrut Paolo Banchero
 
Sixers memilih melepaskan Green yang mengalami cedera parah ACL dan LCL di lutut kirinya dalam rangkaian playoff NBA 2021-22 .
 
Sebagai gantinya, Sixers mendapatkan Melton yang punya rata-rata kontribusi 10,8 poin bersama Grizzlies musim lalu. Pebasket berusia 24 tahun itu diketahui masih memiliki sisa kontrak dengan bayaran 8,25 juta dolar AS untuk musim depan dan 8 juta dolar AS pada 2023-24.
 
Keputusan Sixers tentunya memperpanjang rekam jejak kurang positif mereka di ajang Draft dalam satu dasawarsa terakhir, di mana hanya ada dua pemain saja yang tercatat punya kontribusi signifikan.
 
Sixers merekrut Joel Embiid sebagai pilihan ketiga Draft 2013 dan pebasket asal Kamerun itu musim lalu mampu menjadi top skor NBA mengungguli megabintang Los Angeles Lakers LeBron James dan bintang Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo.
 
Lantas Tyrese Maxey yang bergabung sebagai pilihan ke-21 Draft 2020, perlahan mulai menjelma menjadi salah satu pemain penting di dalam roster Sixers saat ini.

Baca juga: Nuggets kantungi satu rekrutan tambahan putaran pertama NBA Draft 2022
 
Sixers juga dikabarkan terbuka atas opsi pembicaraan barter untuk nyaris semua pemain di roster mereka saat ini, tentu saja kecuali Embiid dan Maxey, setelah musim lalu untuk kesekian kalinya kembali terhenti di semifinal Wilayah Timur.
 
Kali terakhir Sixers bisa melangkah jauh di fase playoff adalah pada 2001 ketika takluk melawan Los Angeles Lakers di babak final. Sedangkan untuk gelar juara Sixers mengalami paceklik yang jauh lebih panjang lagi, terakhir merasakannya pada 1983.
 
Langkah melepas Green juga mengisyaratkan bahwa Sixers bakal memasuki masa negosiasi penting bersama James Harden yang punya opsi sisa kontrak bernilai 47,4 juta dolar AS untuk musim 2022-23. Apabila Harden mengambilnya sebelum 1 Juli, ia juga bisa meneken perpanjangan kontrak maksimal bernilai 223 juta dolar AS hingga 2026-27.
 
Beberapa waktu lalu setelah Sixers tersingkir di semifinal Timur, Harden mengatakan akan "melakukan apapun saja untuk membantu tim ini terus bertumbuh." Tentu saja dia juga bisa menolak opsi sisa kontrak 2022-23 tersebut, dan mengambil bayaran lebih kecil agar Sixers punya ruang lebih besar di anggaran gaji mereka.

Baca juga: Thunder sepakati barter agar dapat tiga rekrutan putaran pertama Draft

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022