Mekkah (ANTARA) - Kepala Sektor 2 Syisyah Daker Mekkah Lutfi Yunus mengatakan wilayah tersebut masih akan kedatangan jamaah calon haji hingga 5 Juli 2022.

"Kedatangan di sektor 2 insyaallah sekitar 5 Juli 2022," kata Lutfi di Mekkah, Jumat.

Lutfi mengatakan sebanyak 31 kelompok terbang (kloter) ditempatkan di sektor dua. Dari jumlah tersebut baru delapan kloter yang tiba, baik dari Embarkasi Ujung Pandang (UPG) dan Embarkasi Batam (BTH).

Baca juga: Calon haji diingatkan fokus saat menyeberang di Mahbas Jin Mekkah

Dia merinci sebanyak 19 kloter dari Embarkasi UPG dan 12 kloter dari Embarkasi BTH.

Saat ini, katanya, baru delapan kloter yang tiba di sektor 2, sedangkan pada Jumat dua kloter dari UPG 7 dan UPG 8 tiba di Mekkah.

Sektor 2 Syisyah merupakan wilayah yang sebagian besar ditempati jamaah dari gelombang kedua yang mendarat dari Jeddah langsung ke Mekkah.

Baca juga: Jamaah calon haji pilih waktu tawaf antara Dhuha hingga jelang Zuhur
Baca juga: Kloter 4 jamah calon haji asal NTB diberangkatkan menuju Tanah Suci


Hingga Kamis malam sebanyak 61.070 jamaah calon haji Indonesia atau lebih dari setengah kuota haji sudah tiba di Arab Saudi.

Data dari Kantor Urusan Haji (KUH) yang dihimpun di Mekkah, Jumat, menunjukkan data tersebut merupakan akumulasi dari jamaah gelombang satu yang mendarat di Madinah dan gelombang kedua yang mendarat di Jeddah.

Dari jumlah 61.070 jamaah tersebut, dilaporkan ada 47.488 jamaah yang sudah tiba di Mekkah terdiri atas 31.969 dari Madinah dan 15.519 dari Jeddah.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022