Jakarta (ANTARA) - Juara Olimpiade Katie Ledecky mengklaim medali emas nomor 800m gaya bebas Kejuaraan Dunia untuk kelima kalinya secara beruntun di Budapest, Hungaria, Jumat.

Ladecky mendominasi nomor tersebut dengan finis lebih dari 10 detik di depan perenang Australia Kiah Melverton untuk menambah koleksi medali emasnya menjadi 19 keping dari level kejuaraan tertinggi itu dan melampaui raihan Ryan Lochte. Perenang Amerika Serikat itu kini berjarak tujuh medali dari rekor sepanjang masa Michael Phelps.

Atlet Italia Simona Quadarella menyamai performanya di Olimpiade Tokyo untuk mengamankan medali perunggu.

"Ini berkat kerja keras selama bertahun tahun. Saya melihat kembali ke London dan saya bertujuan untuk tidak berhenti di situ saja, dan inilah 10 tahun kemudian," kata Ledecky seperti dikutip Reuters.

"Saya senang (dengan catatan waktunya), saya kira bakalan (8:0) 6 atau 7, tapi 8:0 memungkinkan, dan tercepat yang pernah saya jalani dalam beberapa tahun, jadi akhir yang sangat baik dari pekan yang menyenangkan."

Sementara itu perenang favorit tuan rumah Kristof Milak mengawinkan medali emas 200m gaya kupu-kupu putra dengan nomor 100m kupu-kupu.

Peraih medali perak Olimpiade itu memecahkan rekor 200m kupu-kupu pada awal pekan ini dan mendapatkan emas keduanya pada hari ini dengan meninggalkan rival-rivalnya setelah titik 25m untuk mengamankan kemenangan dengan catatan 50,14 detik.

Perenang Jepang Naoki Mizunuma finis kedua dengan catatan 50,94 detik di depan atlet Kanada Joshua Liendo Edwards.

Perenang Swedia Sarah Sjostrom juga salah satu yang merayakan kesuksesan besar ketika ia meneruskan dominasinya di nomor 50m kupu-kupu putri untuk titel keempatnya secara beruntun di kejuaraan itu dan medali ke-18 dalam kariernya.

Atlet berusia 28 tahun itu mengalahkan Melanie Henique asal Prancis dan Zhang Yufei dari China dalam perebutan tempat teratas di podium.

Di nomor 200m gaya punggung putri, atlet Amerika Serikat gagal berjaya setelah disalip oleh Kaylee McKeown meski memimpin sebagian besar lomba.

Perenang Australia itu merebut emas nomor tersebut dengan finis dengan margin sangat tipis 0,04 detik sedangkan kompatriot senegara Bacon, RhyanWhite tertinggal hampir dua detik di peringkat tiga.

Australia juga dominan di nomor beregu ketika Jack Cartwright, Kyle Chalmers, Madison Wilson dan Mollie O'Callaghan memecahkan rekor nomor 4x100m gaya bebas estafet campuran.

Kuartet itu mengklaim medali emas setelah mengungguli Kanada dan Amerika Serikat dengan catatan 3:19,38, yang mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat tim Amerika Serikat dengan margin 0,02 detik.

"Ini gila... Saya rasa kami akan selalu sulit dikalahkan," kata Chalmers.

Sementara itu, Benjamin Proud mempersembahkan emas pertama bagi Inggris di kejuaraan tersebut lewat kemenangan di nomor 50m gaya bebas putra dengan catatan 21,32 detik.

Perenang Amerika Serikat Michael Andrew membawa pulang perak, sedangkan wakil Prancis Maxime Grousset finis ketiga.


Baca juga: Sjostrom dominan di 50m gaya kupu-kupu, Milak raih emas kedua
Baca juga: Perenang Australia juara dunia gaya bebas 100m putri
Baca juga: Perenang Amerika Serikat pingsan di kolam Kejuaraan Dunia Budapest

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022