Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa penting serta menarik terjadi di DKI Jakarta selama sepekan terakhir pada periode 18-24 Juni 2022.

Dalam periode tersebut, diinformasikan berita yang layak dibaca dan diulas kembali antara lain mengenai Gubernur DKI Anies Baswedan yang masuk bursa capres, kebaya saat Car Free Day, perubahan nama jalan, HUT Jakarta, perubahan nama JIS, hingga soal promo miras Holywings.

Berikut adalah rangkuman berita Jakarta selama sepekan terakhir:

1. Anies Baswedan apresiasi NasDem terkait namanya masuk daftar capres

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi langkah Partai NasDem yang memasukkan namanya sebagai salah satu calon presiden.

"Saya ingin sampaikan respect, karena Partai NasDem pimpinan Pak Surya Paloh telah membuat terobosan baru di mana pengusulan nama-nama untuk kepentingan nasional diberikan kepada pimpinan wilayah, karena wilayah yang mengusulkan nama," kata Anies Saat ditemui di Kuningan City, Jakarta Selatan, Sabtu.

Selengkapnya di sini.

2. Peserta "Kebaya Goes to UNESCO" menyanyikan lagu Indonesia Pusaka

Jakarta (ANTARA) - Peserta kampanye "Kebaya Goes to UNESCO" terdiri dari perempuan dengan busana kebaya menyanyikan lagu nasional Indonesia Pusaka karya Ismail Marzuki sehingga menarik perhatian pengunjung hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD), di Bundaran HI Jakarta, Minggu.

"Indonesia tanah air beta. Pusaka abadi nan jaya. Indonesia sejak dulu kala. Selalu dipuja-puja bangsa!" demikian penggalan nyanyian tersebut bergema sehingga menjadi perhatian warga Jakarta.

Selengkapnya di sini.

3. Penanganan polusi udara diminta juga harus jadi prioritas DKI

Jakarta (ANTARA) - Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga meminta penanganan polusi udara Jakarta juga harus menjadi prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI seperti halnya banjir yang harus segera ditangani.

"Dengan demikian, seluruh kebijakan dan kegiatan pembangunan juga harus bertujuan untuk mengurangi polusi udara," kata Nirwono saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

4. Ini puluhan tokoh Betawi jadi nama jalan di Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pergantian puluhan nama jalan dan zona dengan nama tokoh Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta, Senin.

Anies menilai bahwa seluruh tokoh Betawi memiliki peran di masa lalu yang sangat berdampak bagi perjalanan kehidupan dan bisa dikenang untuk masyarakat Indonesia.

Selengkapnya di sini.

5. Jakarta Barat benarkan ada edaran larang warga beri makan kucing liar

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) membenarkan adanya surat edaran dari warga Kebon Jeruk kepada komunitas pecinta kucing agar tidak memberikan makan pada kucing liar di kawasan itu.

"Iya benar ada informasi seperti itu," kata Camat Kebon Jeruk, Saumun, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini.

6. Anies sebut Jakarta tidak akan pernah berhenti berbenah

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Jakarta sebagai Ibu Kota Negara tidak akan pernah berhenti berbenah dengan terus melakukan pembaharuan.

"Perjalanan kota kita hampir 500 tahun, kota ini tidak pernah berhenti berbenah diri, kota ini terus menerus melakukan pembaharuan," kata Anies dalam sambutan saat memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu.

Selengkapnya di sini.

7. Belum tentu setuju, Anies tampung petisi perubahan nama JIS

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan menampung petisi usulan perubahan nama Jakarta International Stadium (JIS) menjadi MH Thamrin, namun tak menjamin menyetujui.

"Pasti ditampung, setuju atau tidak nanti pertimbangannya lain," ujarnya di Balai Kota Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.

8. Anies bakal berikan disinsentif kepada perusahaan tak pilah sampah

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana memberikan disinsentif kepada perusahaan yang tidak mengelola dan memilah sampah untuk mengurangi kiriman sampah dari Ibu Kota ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi.

"Pak Gubernur akan memberikan disinsentif lainnya, misalnya, pengenaan pajak yang lebih tinggi bagi perusahaan yang tidak melakukan pilah sampah di kawasannya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini.

9. Pemkot Jaktim target tertibkan lokalisasi Gunung Antang pada Juli

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menargetkan penertiban lokalisasi Gunung Antang, Matraman, Jakarta Timur pada Juli 2022.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur terkait penertiban tersebut.

Selengkapnya di sini.

10. DKI tutup jalan sekitar JIS untuk puncak HUT ke-495 Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup sejumlah jalan di sekitar Jakarta International Stadium (JIS) saat kegiatan malam puncak HUT ke-495 Jakarta (Jakarta Hajatan).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Jumat, mengatakan ada tiga lokasi yang dilakukan penutupan mulai pukul 14.00 WIB-21.00 WIB pada Sabtu (25/6), untuk tetap menjaga arus lalu lintas di sekitar kawasan tersebut tetap berjalan dengan baik.

Selengkapnya di sini.

11. Bamus Betawi kecam Holywings terkait promo minuman keras

Jakarta (ANTARA) - Badan Musyawarah (Bamus) Betawi mengecam manajemen Holywings Indonesia terkait promosi minuman keras gratis setiap Kamis khusus untuk mereka yang bernama "Muhammad" dan "Maria".

Ketua Umum Bamus Betawi Riano P Ahmad menolak kasus ini disebut sebagai kelalaian, karena ada perbedaan yang jelas antara kelalaian dan kesalahan. Terlebih hal ini kental dengan aksi provokatif.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022