Jakarta (ANTARA) - Program U-Connect yang merupakan kerja sama antara Mastercard Academy 2.0 dengan InfraDigital Foundation bertujuan mempertemukan talenta digital SMK dengan industri.

"Program ini diharapkan dapat membantu lulusan SMK agar dapat terhubung dan dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan maupun kapabilitasnya, " ujar Chairman InfraDigital Foundation, Muhammad Rofi, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Begitu juga dengan para penggiat industri juga diharapkan dapat menemukan talenta digital SMK terbaik yang tidak kalah bersaing dengan para lulusan lainnya. InfraDigital Foundation berharap hal ini juga dapat membantu strategi pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dengan meningkatkan lapangan kerja, khususnya bagi para lulusan SMK.

Sebelumnya, Mastercard Academy 2.0 bersama InfraDigital Foundation menyediakan pelatihan dan sertifikasi bagi para siswa SMK. Pelatihan dan sertifikasi cybersecurity itu menargetkan 6000 siswa SMK dan 158 guru dari 2021-2022.

Hingga Tahun 2022, program Cyber Security Training ini telah menjangkau 341 sekolah dan 5.005 peserta, yang terdiri dari 4.293 siswa dan alumni muda SMK, 369 guru, 250 mahasiswa, dan 93 mitra Grab. Dari jumlah yang telah tercapai, sebanyak 976 orang berhasil masuk dan melanjutkan ke tahap sertifikasi dan 105 diantaranya telah mendapatkan pekerjaan.

Sementara Plt Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Saryadi mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Mastercard dan InfraDigital Foundation.

"Hal ini penting untuk mendukung pengembangan SMK dalam menghasilkan talenta-talenta digital untuk masa depan yang lebih baik. Kami juga berterima kasih untuk Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yang secara terus menerus menunjukkan komitmen dan dedikasi untuk mendukung pengembangan pendidikan vokasi, khususnya SMK, " ujar dia.

Seorang lulusan Cybersecurity Training InfraDigital Foundation, Azis, mengaku sangat beruntung berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai Associate Cybersecurity Consultant di Horangi Cybersecurity, sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura.

Aziz berhasil mendapatkan sertifikasi CySA CompTIA, sertifikasi analis keamanan siber dengan tingkat kesulitan menengah. Sebagai lulusan SMK, Aziz akhirnya memiliki kepercayaan diri untuk bisa bersaing dengan pelamar lainnya bisa mendapatkan pekerjaan di industri IT internasional. Pelatihan dan sertifikasi yang diberikan telah membantu Aziz dalam meningkatkan kemampuan hardskills dan softskillsnya terutama dalam bidang Cybersecurity. Berkat kemampuannya dan pelatihan yang telah dijalani, kini Aziz berhasil mendapatkan pendapatan di atas upah minimum Jakarta dan bisa mendukung perekonomian keluarganya.

Pewarta: Indriani
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022