Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional putri Belanda Mark Parksons menyebut Inggris adalah unggulan utama juara Piala Eropa Putri 2022 karena memiliki kedalaman skuad, kualitas liga domestik, dan mendapat keuntungan sebagai tuan rumah kompetisi yang bakal bergulir mulai bulan depan itu.

Anak-anak asuh Parsons harus rela menelan kekalahan telak 1-5 dari Inggris dalam laga pemanasan di Stadion Elland Road, Leeds, Jumat (24/6) waktu setempat, di mana bahkan pemain pengganti Beth Mead mengemas dwigol dalam babak kedua yang begitu didominasi tuan rumah.

"Inggris akan menjadi unggulan di Euro," kata Parsons kepada wartawan seperti dilansir Reuters, Sabtu.

Baca juga: Kejuaraan Sepak Bola Eropa Putri 2021 mundur ke Juli 2022

"Kualitas pemain mereka, dukungan publik tuan rumah, sumber daya liga mereka dan kerja keras klub-klub di dalamnya -- semuanya bersatu padu dan susah rasanya tak melihat mereka sebagai unggulan," ujarnya menambahkan.

Parsons juga menyoroti peran pelatih Inggris Sarina Weigman dan asistennya Arjan Veurink, yang sebelumnya menjadi bagian ruang ganti Belanda saat mereka menjuarai Piala Eropa Putri 2017.

"Mereka sangat, sangat bagus. Saya pikir lawan yang menyaksikan penampilan mereka pada 30 menit terakhir akan khawatir. Mereka memiliki pelatih hebat yang pernah menjuarai kompetisi ini. Arjan dan Sarina melakukan pekerjaan yang luar biasa," kata Parsons.

Meski kini diunggulkan, capaian terbaik Inggris hanyalah dua kali menjadi runner-up Piala Eropa Putri, akan memulai penampilan di turnamen nanti dengan menghadapi Austria di Old Trafford pada 6 Juli, sebelum bertemu Norwegia dan Irlandia Utara.

Baca juga: UEFA siapkan format baru kualifikasi zona Eropa Piala Dunia Putri
Baca juga: Tiga negara Eropa ingin jadi tuan rumah bersama Piala Dunia Putri 2027

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022