Kami diberangkatkan hari ini pukul 05.30 WAS dengan menggunakan delapan buah bus
Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 1.800 calon haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sudah berada di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi menunggu puncak ibadah haji ke Arafah.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Rusbandi di Banjarmasin, Sabtu, menyampaikan, sebanyak 1.800 calon haji yang sudah berada di Mekkah tersebut tergabung pada 5 kelompok terbang (kloter).

Menurut dia, 5 kloter Embarkasi Banjarmasin yang sudah berada di Mekkah menjelang puncak haji 1443 Hijriah dijadwalkan pada 9 Juni 2022 tersebut dari kloter 1, 2, 3, 6 dan 7.

Baca juga: JCH Kloter 1 Embarkasi Batam tiba di Kota Mekkah

"Kloter yang baru datang ke Mekkah adalah kloter 3, hari ini baru sampai dari informasi petugas kita di sana," ujar Rusbandi.

Menurut dia, adapun kloter 6 dan 7 lebih dulu berada di Mekkah karena masuk keberangkatan haji gelombang kedua, yakni dari Embarkasi Banjarmasin melalui Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin ke Jeddah, Arab Saudi.

"Jadi kloter 1, 2, 3, 4 dan 5 masuk keberangkatan haji gelombang pertama, langsung ke Madinah, sedangkan kloter 6 dan 7 langsung ke Jeddah atau Mekkah," terangnya.

Baca juga: Calon haji tak bisa berbahasa Indonesia jadi tantangan petugas

Dikatakan Rusbandi, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 7 kloter pada musim haji 2022 ini dengan rincian 4 kloter penuh dari Kalsel dan 2 kloter penuh dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dan 1 kloter gabungan JCH Kalsel dan Kalteng.

Jumlah kuota haji Provinsi Kalsel pada tahun 2022 ini sebanyak 1.743 orang dan Provinsi Kalteng sebanyak 739. Satu Kloter sebanyak 360 orang JCH.

Sejauh ini, ada 2 calhaj Embarkasi Banjarmasin yang sudah meninggal dunia.

Baca juga: Calhaj asal Jakarta alami laka lantas dirawat di RS King Faisal

Sementara itu, dari laporan Ketua Kloter 3 Embarkasi Banjarmasin Zainal Muttaqin, Sabtu di Arab Saudi menyampaikan, pada pukul 05.30 Waktu Arab Saudi (WAS) pihaknya diberangkatkan dari Hotel Taiba Rosse Madinah menuju Mekkah Al-Mukarramah.

"Kami diberangkatkan hari ini pukul 05.30 WAS dengan menggunakan delapan buah bus," katanya melaporkan.

Zainal mengungkapkan sebelum tiba di pemondokan atau Hotel Mekkah pihaknya akan terlebih dahulu singgah di Bir Ali untuk mengambil Miqat.

“Sebelumnya kami para petugas telah bersepakat dalam rapat bersama Ketua Rombongan dan Ketua Regu akan melaksanakan haji Tamattu, jadi kami akan melakukan ibadah umrah wajib dulu," katanya.

Pewarta: Sukarli
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022