Jakarta (ANTARA) - Perenang Amerika Serikat Hunter Armstrong merebut medali emas 50m gaya punggung putra lewat kemenangan dramatis di Kejuaraan Dunia FINA di Budapest, Hungaria, Sabtu, setelah kompatriot senegaranya, Justin Ress didiskualifikasi meski yang pertama menyentuh dinding.

Ress tampil tercepat di heat dan semifinal dan berhak mendapat emas sebelum ofisial memutuskan bahwa tiada bagian tubuh sang perenang terlihat di atas permukaan air saat ia menyentuh dinding ketika finis.

Perenang muda Polandia Ksawery Masiuk membawa pulang perak sedangkan perunggu menjadi milik perenang Italia Thomas Ceccon, yang mencetak rekor baru di nomor 100m gaya punggung di awal turnamen.

Baca juga: Ledecky raih emas 800m gaya bebas kelima dalam Kejuaraan Dunia FINA

Mantan juara Olimpiade Ruta Meilutyte memboyong emas 50m gaya dada putri setelah mengalahkan Benedetta Pilato asal Italia dengan jarak 0,10 detik, sedangkan Lara van Niekerk dari Afrika Selatan meraih perunggu.

Meilutyte yang asal Lithuania sebelumnya mendapat sanksi 24 bulan pada 2019 karena kasus doping dan kembali ke kompetisi pada Desember tahun lalu, demikian Reuters.

Baca juga: Sjostrom dominan di 50m gaya kupu-kupu, Milak raih emas kedua

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022