Jakarta (ANTARA) - Perenang Amerika Serikat Justin Ress secara dramatis menyabet medali emas gaya punggung 50m putra dalam kejuaraan dunia renang di Budapest,  Sabtu.

Ress sempat didiskualifikasi pada awal lomba, tetapi kemudian dibatalkan.

Tadinya yang dinobatkan pemenang nomor ini adalah rekan senegaranya Hunter Armstrong.

Namun, setelah diputuskan tidak ada bagian dari tubuh Ress yang berada di atas air saat dia menjadi perenang pertama yang mencapai dinding kolam.

Ress yang menjadi tercepat pada babak heat dan semifinal, kemudian dinyatakan pemenang dan seremoni medali pun diulang. Armstrong akhirnya mendapatkan medali perak, sedangkan perenang remaja dari Polandia Ksawery Masiuk memperoleh perunggu.


Baca juga: Armstrong rebut emas 50m gaya punggung setelah Ress didiskualifikasi


Sementara itu, perenang Kanada Summer McIntosh melanjutkan penampilan menawannya setelah perenang berusia 15 tahun itu mengalahkan rekannya sesama remaja berusia 15 tahun Katie Grimes untuk merebut emas 400m gaya ganti putri. Perenang AS Emma Weyant menduduki urutan ketiga.

"Sungguh keren bisa berlomba melawan orang seperti Katie karena dia seusia saya dan dia pesaing yang sangat tangguh," kata McIntosh seperti dikutip Reuters.

Gregorio Paltrinieri yang juga peraih medali emas Olimpiade Rio, memecahkan rekod kejuaraan dunia gaya bebas 1.500m putra sefelah menyelesaikan lomba di depan Robert Finke dan Florian Wellbrock dalam waktu 14:32.80.

Perenang Italia itu tampak di jalur memecahkan rekor dunia Sun Yang 14:31,02 tetapi mengendor dalam 100 meter terakhir.

Perenang Swedia Sarah Sjostrom menambahkan medali gaya bebas 50m ke daftar medalinya yang luar biasa saat merebut nomor perseorangan ke-19 kalinya dalam kejuaraan dunia usai mengalahkan Katarzyna Wasick dan Meg Harris.

Dalam nomor beregu, Italia mengalahkan AS dengan selisih 0,28 detik dalam estafet gaya ganti 4x100m putra, sementara Inggris finis urutan ketiga.

Namun dalam estafet putri Amerika Serikat yang diperkuat Regan Smith, Lilly King, Torri Huske dan Claire Curzan terlalu kuat untuk peraih medali perak Australia dan Kanada yang berada pada posisi ketiga.

Mantan juara Olimpiade Ruta Meilutyte merebut emas gaya dada 50m putri setelah mengalahkan perenang Italia Benedetta Pilato dengan selisih 0,10 detik, sedangkan Lara van Niekerk dari Afrika Selatan menyabet perunggu.

Meilutyte yang berasal dari Lithuania diskorsing 24 bulan pada 2019 karena doping dan kembali berenang Desember tahun lalu.


Baca juga: Ledecky raih emas 800m gaya bebas kelima dalam Kejuaraan Dunia FINA
Baca juga: Sjostrom dominan di 50m gaya kupu-kupu, Milak raih emas kedua
Baca juga: Perenang Australia juara dunia gaya bebas 100m putri

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022