Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa terkait dengan Pemerintah Provinsi DKI dan isu perkotaan, telah terjadi sepanjang Sabtu (25/6).

Semuanya, menarik untuk disimak kembali mulai pagelaran malam puncak HUT ke-495 DKI Jakarta di Jakarta Internasional Stadium (JIS) hingga Ibu Kota disebut sebagai kota global.

Berikut rangkumannya.

1.70 ribu orang hadiri puncak HUT Ke-495 DKI Jakarta di JIS

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, sekitar 70 ribu orang menghadiri puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu malam.

"Kali ini yang hadir 70 ribu warga Jakarta. Malam ini adalah malam kami merayakan perjalanan Jakarta," kata Anies saat menyampaikan sambutan pada puncak HUT DKI Jakarta di stadion tersebut.

Ia menjelaskan, puluhan ribu orang yang berkumpul di JIS itu lantaran sudah dua tahun perayaan HUT DKI Jakarta diadakan secara terbatas karena pandemi COVID-19.
Selengkapnya bisa baca di sini


2. PLN jamin pasokan listrik untuk JIS dan sirkuit Ancol

Jakarta (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menjamin pasokan listrik untuk seluruh kegiatan di Jakarta International Stadion (JIS) dan Sirkuit Jakarta E-Prix di Ancol yang beberapa pekan lalu menjadi lokasi balapan Formula E.

"Apapun kegiatannya tetap aman," kata General
Manager (GM) PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Doddy Pangaribuan dalam acara "gathering" di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu.

Doddy mengatakan, beban puncak JIS sebesar 5,54 MVA dan Sirkuit Jakarta E-Prix di Ancol diperkirakan 7 MVA.
Selengkapnya bisa baca di sini
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) melayani warganya berswafoto saat Puncak Perayaan HUT ke-495 Jakarta di Jakarta International Stadium, Jakarta, Sabtu (25/6/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.


3. Satpol PP beri penyuluhan terakhir terminal bayangan di Pondok Pinang

Jakarta (ANTARA) - Satpol PP DKI Jakarta memberikan penyuluhan terakhir kepada pengelola terminal bayangan di Jalan Ciputat Raya, Kelurahan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, agar tidak lagi melanjutkan kegiatannya, Sabtu.

"Ini penyuluhan terakhir ke pengelola sampai batas waktu Rabu depan (29/6), " kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Tamo Sijabat.

Tamo juga menghimbau kepada seluruh perusahaan otobus (PO) agar tidak lagi beroperasi dari terminal ilegal tersebut.
Selengkapnya bisa baca di sini


4. Anies deklarasikan Jakarta sebagai kota global

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendeklarasikan Jakarta sebagai kota global pada puncak perayaan HUT ke-495 DKI Jakarta di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu malam.

"Jakarta sudah hampir memasuki usia 500 tahun dan sekarang kita bisa menyatakan pada dunia bahwa Jakarta adalah kota global," kata Anies memberikan sambutan pada puncak HUT DKI di JIS tersebut.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebutkan sejumlah indikator yang membuat Jakarta layak sebagai kota global antara lain didukung sarana berstandar internasional.
Selengkapnya bisa baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022