Sumbawa, NTB (ANTARA) -
Penonton mulai berdatangan dan mengantre untuk menyaksikan puncak dari gelaran seri MXGP Indonesia di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), sejak Minggu pagi hingga siang.
 
Dari pantauan ANTARA, mereka harus berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan menuju sirkuit dengan jarak sekitar 500m. Kondisi jalan dari area parkir menuju tribun penonton pun sedikit menanjak.
 
Belum lagi terik dan angin yang membuat debu beterbangan. Penonton disarankan untuk menggunakan masker saat memasuki area sirkuit.
 
Tampak juga petugas keamanan gabungan TNI dan Polri berjaga dan memeriksa setiap penonton yang masuk ke area sirkuit.
 
Selain itu, sebanyak 200 personel tim medis yang terbagi menjadi tiga tim tersebar di empat titik, baik sisi utara, selatan, timur, dan barat sirkuit untuk memberikan layanan kesehatan darurat bagi pengunjung.

Baca juga: Polda NTB siagakan kendaraan angkut penonton MXGP Samota
 
Hari ini memang menjadi puncak dari rangkaian acara seri MXGP Indonesia. Komandan Lapangan Ridwansyah kepada ANTARA, sebelumnya mengatakan sekitar 50 ribu penonton bakal hadir di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa.
 
Adapun agenda hari ini, para pebalap MX2 akan mulai masuk lintasan pukul 10:25 WITA untuk melakukan sesi pemanasan selama 15 menit. Kemudian dilanjutkan dengan para peserta dari kelas MXGP pukul 10:45 dengan durasi yang sama.
 
Setelah itu, pebalap dari kelas MX2 mulai melakoni race 1 pukul 12:05. Mereka akan melibas trek sepanjang 1,8 km selama 30 menit plus dua lap. Pun demikian dengan pebalap MXGP yang melakukan hal serupa pada pukul 13:05.
 
Pada race 1, peserta akan beradu kecepatan untuk mendapat 25 poin.
 
Setelah itu, mereka pun akan kembali berlomba pada race 2 yang kembali diawali dengan kelas MX2 pada pukul 15:00. Durasinya sama 30 menit plus dua lap. Pun demikian dengan rider MXGP yang memulai lomba race 2 pukul 16:10.

Baca juga: Penonton seri MXGP Indonesia disuguhi konser Don't Kill Music
 
Selain menyaksikan aksi para pebalap top dunia berlaga di seri MXGP Indonesia, penonton yang hadir langsung juga dapat menikmati alunan musik dari deretan musisi kenamaan dalam Festival Don't Kill Music.
 
Hari ini, Slank bakal memeriahkan Festival Don't Kill Music bersama dengan Surapida & Friends, Tombstone, Denny Project, Alien Child, Moliano In Rock, Voice of Baceprot, dan ada Fireworks Festival.
 
Ridwansyah mengungkapkan adanya Slank dan musisi lainnya, selain memeriahkan MXGP Indonesia juga mencegah penonton pulang dalam waktu yang bersamaan.
 
Festival Don't Kill Music berlangsung mulai pukul 17:00 WITA atau selepas lomba seri MXGP Indonesia selesai.
 
"Jadi bisa juga untuk mencegah kerumunan. Orang yang tidak nonton Slank bisa langsung pulang. Sedangkan sisanya mungkin ingin menyaksikan Slank dan musisi lainnya terlebih dahulu. Sehingga lalu lintas bisa diatur," kata Ridwansyah

Baca juga: Nakami Makarim tanpa persiapan wakili Indonesia di MXGP Samota-Sumbawa
Baca juga: Delvintor terbaik di antara wakil Indonesia pada kualifikasi MX2
Baca juga: Tim Gajser: Seri MXGP Indonesia menantang dan menyenangkan

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022