Amlapura (ANTARA) - Bupati Karangasem I Gede Dana berjanji akan menggelontorkan bantuan bedah rumah untuk I Wayan Murdika, warga kurang mampu dari Banjar Dinas Poh, Desa Buanagiri.

Gede Dana dalam keterangan tertulisnya di Amlapura, Karangasem, Bali, Minggu menyampaikan ia sebelumnya telah menyambangi dan menginap di gubuk I Wayan Murdika

Dalam kesempatan menginap pada Jumat (24/6), Gede Dana didampingi Camat Bebandem, Sekcam Bebandem dan sejumlah tokoh, di antaranya, I Made Ruspita, I Wayan Sudira, kepala dusun dan bandesa adat setempat.

"Sangat menyenangkan, bisa menikmati suasana desa, berdialog dengan masyarakat sekaligus menyerap berbagai aspirasi dari warga," ujar Gede Dana.

Kegiatan menyambangi langsung warga dan menginap di dusun yang disambangi menjadi bagian dari kegiatan Bupati Gede Dana yang kerap dilakukan saat waktu senggang di tengah padatnya aktivitas kerja di pemerintahan.

Bahkan saat menjadi anggota DPRD Karangasem hingga empat periode, ia sering mengajak kader dan pengurus partainya untuk menginap di rumah warga.

Kegiatan menyambangi warga desa dan menginap di rumah warga kali ini, merupakan bagian dari rangkaian peringatan Bulan Bung Karno. "Jadi, bagaimana meneladani nilai-nilai yang diajarkan oleh Bung Karno, yang dikenal sangat dekat dengan kaum Marhaenis," katanya.

Menginap di rumah Wayan Murdika, Gede Dana disuguhi menu tradisional sederhana khas warga pegunungan "urap ubi", yaitu ketela rebus yang disajikan dengan parutan kelapa.

"Sebelum menginap, kami bersama bendesa dan kepala dusun sempat berdiskusi santai dengan warga. Ada banyak hal yang disampaikan warga, utamanya soal perbaikan infrastruktur dan program bedah rumah," ucap Gede Dana.

Warga di Banjar Poh menyampaikan sangat terbantu dengan adanya program mobil layanan Antar Jemput Pasien (AJP). Dengan layanan ini, warga yang sakit segera bisa diantar ke puskesmas atau ke rumah sakit.

Gede Dana menambahkan, warga juga bisa mengakses berbagai program yang diluncurkan pemerintah, seperti Jana Kerthi, Atma Kerti dan program lainnya yang menyentuh langsung masyarakat.

Sementara Wayan Murdika mengaku tidak menyangka Bupati Karangasem mau menginap di gubuknya. "Tidak menyangka, saya senang pak bupati menginap. Ya beginilah kehidupan saya, hanya bisa menyuguhkan apa adanya yang saya punya," ujar Murdika.

Dalam kesempatan itu, Gede Dana menyerahkan bantuan beras 20 kilogram, minyak goreng, kopi dan gula serta memberikan bantuan uang untuk keluarga Murdika.

"Melihat kondisi rumah Pak Wayan Murdika yang tidak layak huni, saya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait, dan nantinya akan dibantu program bedah rumah karena memenuhi persyaratan," katanya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022