Sandiaga berharap wushu dan taichi dapat berkembang di Petak Enam, guna menarik wisatawan di desa wisata tersebut.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menemui mantan atlet wushu Rudy Wijyava dan mengajarkan gerakan sederhana beladiri wushu di Desa Wisata Pecinan Glodok, Jakarta Barat.

"Saya sudah undang untuk mengajarkan latihan-latihan dasar wushu dan taichi," kata Sandiaga melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Sandiaga mengaku melihat pertunjukan wushu dan taichi yang diperagakan Rudy dan atlet Sea Games 2019 dari Perguruan Sasana Alam Semesta, Jason.

Kemudian, Sandiaga tertarik untuk diajarkan Rudy dan Jason tentang beberapa gerakan wushu yang sederhana termasuk jurus taolu.

"Saya pernah lihat wushu sebelumnya. Wushu ini menjadi unggulan karena banyak medali emas yang didapat," ujar Sandiaga.

Jurus taulo merupakan disiplin ilmu dari wushu yang lebih menekankan keindahan pada setiap gerakan.

Pada kesempatan itu, Sandiaga mendengarkan keluhan dari Rudy yang terkendala peralatan untuk berlatih wushu.

Sandiaga pun memberikan salah satu peralatan latihan berupa samsak untuk wushu dan taichi di Petak Enam Glodok.

Sandiaga berharap wushu dan taichi dapat berkembang di Petak Enam, guna menarik wisatawan di desa wisata tersebut.

"Saya harap dengan banyak dukungan dari berbagai pihak sifu Rudy bisa mengembangkan wushu ini dan prestasi semakin meningkat. Dan mudah-mudahan kita segera bangkit, ekonomi kita bergerak kembali," tutur Sandiaga.

Adapun kedatangan Sandiaga terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Tahun ini, Desa Wisata Pecinan Glodok masuk dalam 50 desa/kampung wisata terbaik.

Sementara itu di Desa Wisata Pecinan Glodok ini menyuguhkan beragam daya tarik ke wisawatan. Desa Wisata Pecinan Glodok memiliki banyak bangunan atau tempat dengan arsitektur unik dan ornamen China, seperti pusat perbelanjaan dan wisata kuliner, antara lain Pancoran Chinatown Point, Gang Gloria, Petak Enam dan Pantjoran Tea House.

Baca juga: Menparekraf: MXGP akan jadi agenda kegiatan nasional
Baca juga: Banting tulang segarkan pariwisata Indonesia

 

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2022