Walaupun sudah ada pelonggaran, masyarakat harus tetap waspada dan mencegah dengan menerapkan protokol kesehatan.
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sukabumi mencatat dalam beberapa hari terakhir ini pasien COVID-19 di Kota Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) terus bertambah dan seluruhnya sedang menjalani isolasi.

Adapun penambahan kasus baru warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 mulai terjadi pada Kamis (23/6), yakni sebanyak tujuh warga tertular virus ini dan kembali bertambah pada Minggu (26/6), sebanyak empat warga sehingga total pasien sebanyak 11 orang.

"Dari hasil pemeriksaan, warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu diduga tertular COVID-19 varian Omicron sesuai gejala yang dialami para pasien," kata Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sukabumi Wahyu Handriana, di Sukabumi, Minggu (26/6).

Menurut Wahyu, seluruh pasien itu sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Selain itu, gejala yang dialami warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 hanya batuk dan flu ringan.

Namun demikian, pihaknya memastikan bahwa 11 pasien itu bukan tertular COVID-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Dari hasil penelusuran pihaknya ternyata warga yang tertular COVID-19 akibat melakukan perjalanan ke luar daerah.

Beberapa kota besar saat ini sedang terjadi peningkatan kasus COVID-19, maka dari itu warga yang hendak bepergian ke luar kota untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Meskipun saat ini kasus COVID-19 sudah sangat melandai, namun masyarakat tetap harus waspada khususnya yang sudah lanjut usia atau memiliki komorbid. Sebab bagaimana pun juga virus ini tetap berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

"Walaupun sudah ada pelonggaran, masyarakat harus tetap waspada dan mencegah dengan menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah khususnya ke lokasi keramaian, karena COVID-19 masih ada di sekitar kita," ujarnya pula.

Data total kasus COVID-19 di Sukabumi sepanjang 2022 dari 1 Januari hingga 26 Juni untuk jumlah warga yang terkonfirmasi positif sebanyak 3.105 pasien, 3.087 pasien sudah dinyatakan sembuh, 11 pasien masih menjalani isolasi mandiri, dan tujuh pasien meninggal dunia.

Kota Sukabumi berada di zona hijau penyebaran COVID0-19 dan berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.
Baca juga: Capaian vaksinasi tinggi, Kapolda Jabar apresiasi warga Kota Sukabumi
Baca juga: Zona hijau, kasus COVID-19 Kota Sukabumi masih bertambah

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022