Jakarta (ANTARA) - Partisipasi Bank Indonesia dalam kerja sama Renminbi Liquidity Arrangement (RMBLA) yang diinisiasi oleh organisasi internasional kerja sama antara bank sentral, Bank for International Settlement (BIS) menjadi salah satu berita ekonomi terpopuler, Minggu (26/6).

Selain itu, Kementerian Perindustrian mencetuskan sebuah inovasi pengolahan limbah darah sapi menjadi pupuk cair melalui salah satu sekolah vokasinya, SMK Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMK-SMAK Padang).

Berikut berita-berita ekonomi terpopuler selengkapnya:

BI berpartisipasi dalam kerja sama Renminbi Liquidity Arrangement

Bank Indonesia (BI) berpartisipasi dalam kerja sama Renminbi Liquidity Arrangement (RMBLA) yang diinisiasi oleh organisasi internasional kerja sama antara bank sentral, Bank for International Settlement (BIS).

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan BI dan BIS bersama dengan bank sentral negara lain di kawasan Asia dan Pasifik, yaitu Bank Negara Malaysia (BNM), Hong Kong Monetary Authority (HKMA), Monetary Authority of Singapura (MAS), Central Bank of Chile, dan People's Bank of China (PBC).

Indonesia ajak ASEAN mitigasi hambatan ekspor ke AS

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak negara-negara ASEAN untuk mengatasi potensi hambatan ekspor ke Amerika Serikat pasca pemberlakuan US Marine Mammal Protection Act (US MMPA).

Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar dalam siaran pers di Jakarta, Minggu, mengemukakan, salah satu upaya yang didorong adalah fokus membenahi perikanan skala kecil di kawasan ASEAN.
Teten ingin Kebumen International Expo masuk kalender internasional

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengharapkan Kebumen International Expo (KIE) 2022 masuk ke dalam kalender event internasional yang dicari oleh investor maupun buyer agar dapat meningkatkan ekonomi di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

“Serta, dapat membawa produk unggulan Kabupaten Kebumen ke pasar dalam negeri maupun global,” ujar Teten dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Minggu.

Sandiaga motivasi pelaku usaha ekraf pasarkan produk secara digital

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), masuk ke dalam ekosistem digital melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) untuk memudahkan pemasaran produk.

Melalui Gernas BBI dan beberapa program lainnya, pemerintah disebut akan membantu pelaku ekraf memudahkan pemasaran produk melalui pendekatan jejaring platform digital.

Kemenperin cetuskan inovasi olah darah sapi jadi pupuk organik cair

Kementerian Perindustrian mencetuskan sebuah inovasi pengolahan limbah darah sapi menjadi pupuk cair yang dilakukan oleh SMK Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMK-SMAK Padang), yakni salah satu sekolah vokasi yang dimiliki oleh Kemenperin.

Inovasi pengolahan limbah darah sapi telah mulai dilakukan SMK-SMAK Padang sejak 2012, dilatarbelakangi darah sapi yang belum diolah oleh Rumah Pemotongan Hewan (RPH), sehingga menjadi limbah.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022