Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut kedatangan legenda sepak bola asal Brazil Ronaldo de Assis Moreira atau yang lebih dikenal sebagai Ronaldinho, di Lapangan Banteng Jakarta, Senin.

Pesepak bola yang juga merupakan penerima trofi Ballon d’Or tahun 2005 tersebut kemudian terlibat perbincangan akrab dan santai bersama Menko Airlangga.

“Indonesia dan Brazil memiliki iklim yang sama, bahkan penduduk Indonesia lebih banyak dari Brasil, namun Indonesia masih perlu belajar banyak untuk mencatatkan prestasi dalam sepak bola dunia seperti Brazil,” kata Airlangga seperti dikutip dari keterangannya.

Indonesia, lanjutnya, butuh banyak sekolah sepak bola yang siap mencetak atlet terbaik, oleh karenanya atlet sepak bola juga perlu disiapkan sejak dini.

“Ide yang bagus. Saya telah mulai bermain sepak bola sejak berusia 7 tahun dan memulai karir profesional di usia 17 tahun,” ungkap Ronaldinho menyetujui pemikiran Airlangga.

Selama terjadinya lonjakan pandemi COVID-19, perhelatan sejumlah pesta olahraga di Indonesia juga menjadi sektor yang terdampak dan sempat terhenti selama beberapa waktu, termasuk bagi cabang olahraga sepak bola.

Namun dalam kerangka pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi, Pemerintah terus mendukung upaya dari berbagai pihak untuk membangkitkan lagi antusiasme di dunia olahraga.

Berdasarkan data dari WorldAtlas, sepak bola menjadi cabang olahraga paling populer di dunia yang berhasil menggaet sekitar 4 miliar penggemar di seluruh dunia. Sebagai legenda sepak bola dunia, tentunya kedatangan Ronaldinho ke Indonesia juga dapat diharapkan membawa angin segar bagi dunia persepakbolaan nasional.

Airlangga menyampaikan agar momentum berharga tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan sepak bola Indonesia di kancah dunia. Hadirnya Ronaldinho di Indonesia juga diharapkan mampu menggairahkan kembali dunia sepak bola di tanah air, sehingga ikut mendorong kembali pulihnya roda perekonomian yang terkait dengan bidang olahraga.

Baca juga: Ronaldinho berbagi kiat untuk anak muda Indonesia

Baca juga: Raffi Ahmad: Semua pemain RANS ke Malang demi jumpa Ronaldinho


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022