Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat kasus aktif COVID-19 di wilayah itu tinggal tiga orang, yang tersebar di Kota Batam, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Natuna.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana, di Tanjungpinang, Senin, mengatakan sehari sebelumnya, kasus aktif COVID-19 di wilayah itu empat orang setelah ditemukan satu kasus baru di Natuna.

Namun hari ini, kasus aktif C0VID-19 tinggal tiga orang karena satu pasien, yang merupakan warga Tanjungpinang, meninggal dunia.

"Tanjungpinang nihil kasus aktif COVID-19 setelah satu orang pasien meninggal dunia," kata mantan Kadis Kesehatan Kepri itu.

Baca juga: Dinkes Bintan pastikan kasus COVID-19 nihil bukan data semu

Baca juga: Satgas: Lima daerah di Kepri bertahan nihil kasus aktif COVID-19


Tjetjep menuturkan rata-rata warga Kepri yang tertular COVID-19, cepat sembuh. Secara umum, pasien COVID-19 di Kepri tanpa gejala atau bergejala ringan setelah Omicron, varian baru COVID-19 menyebar di wilayah itu.

Pasien COVID-19 yang meninggal dunia jarang terjadi.

"Kemungkinan ada penyakit penyerta di dalam tubuh pasien dengan daya tahan rendah. Namun, kasus kematian akibat COVID-19 sudah jarang terjadi," ucapnya.

Saat ini, kata dia, tiga kabupaten lainnya di Kepri yakni Kabupaten Lingga, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Bintan nihil kasus aktif COVID-19. Lingga dan Anambas lebih dari sebulan ditetapkan sebagai Zona Hijau.

"Tanjungpinang, Batam, Karimun, Natuna dan Bintan masih Zona Kuning atau risiko penularan rendah," ujarnya.

Tjetjep mengimbau warga untuk menaati protokol kesehatan terutama saat beraktivitas di tempat keramaian. Kewaspadaan perlu ditingkatkan mengingat kasus aktif COVID-19 di daerah lain di Jakarta, Pulau Jawa dan Bali meningkat.

"Kami minta warga mendukung program vaksinasi COVID-19 untuk percepatan program peningkatan kekebalan tubuh secara komunal," katanya.

Capaian vaksinasi dosis pertama di Kepri mencapai 1.767.477 orang atau 98,05 persen, dosis kedua 1.524.500 orang atau 84,57 orang dan dosis ketiga 636.848 orang atau 46,37 persen.*

Baca juga: Satgas: Satu kasus baru COVID-19 muncul di Batam

Baca juga: PPIH: JCH kloter pertama Kepri negatif COVID-19

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022