Ternate (ANTARA) - Panitia Pelaksana Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Maluku Utara (Malut) menyatakan, Jamaah Calon Haji (JCH) asal Malut yang tergabung dalam kloter 11 dan 12 sudah diberangkatkan melalui bandara internasional Hasanuddin Makassar telah tiba di Saudi Arabia.

"Penerbangan dengan menggunakan pesawat Garuda tersebut akan memakan waktu kurang lebih 13 jam karena pesawat masih melewati satu bandara transit yakni Bandara Kuala Namu, Medan Sumatera Utara," kata Koordinator Bidang Acara dan Publikasi PPIH Daerah Provinsi Maluku Utara Rahwan K Suamba kepada ANTARA, di Ternate, Senin.

Menurut Rahwan, sebelumnya, JCH Kloter 11 telah berkumpul di aula Tiga Asrama Haji Sudiang pada jam 14.30 WITA dan seluruh JCH telah menggunakan pakaian ihram.

Bahkan saat berada di dalam ruangan, pihak PPIH Embarkasi Makassar juga meminta para jamaah sebelum masuk ke aula keberangkatan harus memastikan semua barang bawaan sudah aman.

Baca juga: 153 calon haji Jayapura berangkat menuju embarkasi Makassar
Baca juga: Daftar tunggu ibadah haji Maluku hingga 32 tahun

Untuk diketahui, penerbangan pada 26 Juni 2022, JCH Malut menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA1111.

Jumlah penumpang yang ikut dalam penerbangan kloter 11 Embarkasi Makassar berasal dari Maluku Utara, Makassar, Bulukumba dan Enrekang dan total penumpang sebanyak 392 dengan kriteria 179 jamaah laki-laki dan perempuan 213 jamaah.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Malut, M Al-Yasin Ali pada Sabtu (25/6) lalu melepas jemaah calon haji Malut Kloter 11 diberangkatkan dari Asrama Haji Transit Ngade Ternate menuju Bandara Sultan Babullah Ternate selanjutnya diterbangkan ke embarkasi Makassar dengan menggunakan pesawat Sriwijaya Air.

Keberangkatan dari asrama haji Ternate dilepas Plt. Kakanwil Kemenag yang juga Ketua PPIHD Maluku Utara H. Amar Manaf.

Baca juga: Jamaah haji Indonesia akan diberangkatkan ke Arafah secara bertahap

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022