Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, salah satunya membahas upaya penyelesaian situasi di Ukraina secara damai.

Pertemuan keduanya berlangsung di sela-sela KTT G7 di Elmau, Jerman, Senin. Kedua pemimpin turut membahas Presidensi G20 Indonesia.

"Kita semua paham situasi sangat kompleks. Namun kita perlu terus upayakan penyelesaian secara damai. Jika perang berlanjut, krisis pangan yang terjadi saat ini akan makin memburuk," kata Presiden Jokowi dalam keterangan resmi yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas upaya Presiden Macron untuk mewujudkan perdamaian di Ukraina.

Baca juga: Presiden Jokowi ajak negara G7 kembangkan ekosistem mobil listrik

Selain itu, Kepala Negara juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Prancis terhadap Presidensi G20 Indonesia.

Presiden Macron pun menyampaikan kembali dukungan kuat terhadap Presidensi Indonesia dan meyakini bahwa G20 akan sukses menghasilkan kerja sama konkret.

Terakhir, Presiden Jokowi menyampaikan upaya penguatan bilateral Indonesia dan Prancis, baik di bidang ekonomi maupun di bidang pertahanan dan industri strategis.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Macron yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

Baca juga: Presiden Joko Widodo disambut kanselir Jerman saat hadiri KTT G7

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022