Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa dan berita hukum di Indonesia terjadi pada Senin (27/6) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Jaksa Agung tetapkan mantan Dirut Garuda jadi tersangka dugaan korupsi
Jaksa Agung Republik Indonesia Sanitiar Burhanuddin menetapkan mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar (ES) sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat oleh PT Garuda Indonesia tahun 2011-2021.

“Senin, 27 Juni 2022, kami menetapkan dua tersangka baru, yaitu ES selaku Direktur Utama PT Garuda, kedua adalah SS (Soetikno Soedardjo) selaku Direktur PT Mugi Rekso Abadi,” kata Burhanuddin kepada wartawan di Lobi Utama Gedung Kartika Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

2. KPK beri pembekalan antikorupsi kepada pengurus PDIP
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan pembekalan antikorupsi kepada pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC) KPK, Jakarta, Senin, pukul 09.00-12.00 WIB.

"Benar, dalam rangkaian Program Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu, KPK kembali akan menggelar kegiatan pembekalan antikorupsi bagi para pengurus partai politik baik di pusat maupun daerah," kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

3. IPW mendesak Menko Polhukam koordinir penyelesaian perkara Indosurya
Indonesia Police Watch mendesak Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) untuk mengoordinasikan Polri dan Kejaksaan Agung dalam penyelesaian kasus penipuan investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso dalam keterangan tertulis yang diterima Minggu, mengatakan dikeluarkannya tersangka Indosurya dari tahanan demi hukum, karena habis masa penahanan 120 hari telah menimbulkan kekecewaan publik atas penyelesaian perkara yang merugikan banyak masyarakat selaku nasabah.

Selengkapnya baca disini

4. Hadi angkat bicara soal 300 sertifikat redistribusi tanah disita BLBI
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto angkat bicara terkait 300 sertifikat redistribusi tanah yang disita Satgas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Hadi dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin, mengatakan objek redistribusi tanah yang berada di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, itu telah dilegalisasi melalui program redistribusi tanah.

Selengkapnya baca disini

5. Pencari suaka asal Myanmar ditangkap Imigrasi Bagansiapi-api
Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bagansiapiapi menangkap pencari suaka asal Myanmar dengan inisial YNM, karena telah melakukan tindak pidana keimigrasian pada 2 Juni 2022.

Tersangka ditangkap oleh petugas Imigrasi pada bagian loket penerimaan berkas permohonan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI/paspor), karena dicurigai sebagai WNA yang akan membuat paspor.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022