Lebak (ANTARA) -
Kementerian Agama Kabupaten Lebak, Provinsi Banten meminta jamaah calon haji (JCH) dari daerah itu selalu menjaga kesehatan dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci agar berlangsung dengan baik dan lancar.

"Kami berharap seluruh JCH dapat menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak Badru Salam saat pelepasan empat jamaah calon haji di Lebak, Senin (27/6).

Pemberangkatan JCH asal Kabupaten Lebak tahun 2022 dengan total 294 orang, di antaranya 290 orang sudah berada di Tanah Suci, Mekkah melalui kloter 14.
 
Sebanyak empat calon haji diberangkatkan untuk bergabung dengan bersama jamaah dari daerah lain melalui kloter 27.
 
Ia mengatakan keberangkatan JCH Kabupaten Lebak ke Tanah Suci berjalan lancar.
 
"Kami berharap semua JCH agar menjaga kesehatan dan kembali ke Tanah Air selamat dan bisa berkumpul bersama keluarga," katanya.

Baca juga: Kemenag Papua lepas 491 JCH menuju embarkasi Makassar
 
Ia menjelaskan pelaksanaan rangkaian ibadah haji menguras tenaga banyak sehingga diperlukan stamina fisik yang prima dan menjadi haji mabrur.

Ia mengingatkan JCH untuk banyak istirahat dan menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin.

Selain itu, ucap dia, menjaga kekompakan dan selalu dalam rombongan, serta menaati aturan di Mekkah, Arab Saudi.
 
"Begitu juga jangan sampai hilang atau lupa memakai identitas pengenal yang dipakai di gelang dan leher untuk memudahkan jika hilang atau lepas dari rombongan. Jika hilang atau lepas ID Card dan gelang maka bisa dikenali," katanya.

Seorang warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Agus (55), mengaku bahagia bisa melaksanakan rukun Islam kelima itu setelah menunggu 12 tahun.

Semestinya, dia tahun lalu sudah masuk pemberangkatan ke Tanah Suci namun Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menutup kegiatan itu karena pandemi COVID-19.

Ia juga mengaku tetap menjaga kesehatan agar pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar.
 
"Kami bersama isteri bersyukur bisa melaksanakan ibadah haji tahun 2022," katanya.

Baca juga: Jamaah haji Kloter 14 masuk asrama haji Gorontalo
Baca juga: JCH Kloter 11 dan 12 Malut tiba di Saudi Arabia
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022