Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui acara "Kredit Usaha Rakyat (KUR) Goes to Campus" di Sumatera Utara membagikan pemahaman menjadi wirausaha baru dengan akses pembiayaan yang mudah dan murah.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, menyampaikan pentingnya penciptaan wirausaha baru yang berkualitas yang berasal dari lingkungan perguruan tinggi di Indonesia.

“Fokus pembiayaan KUR salah satunya adalah untuk mendorong wirausaha baru dan pemberian KUR kepada wirausaha baru. Tentunya kita berharap adanya KUR bisa mendorong para wirausaha baru meningkatkan modal usaha, meningkatkan investasi, dan secara bertahap para wirausaha bisa naik kelas,” ujar Menko Airlangga Hartarto.

Kegiatan "KUR Goes to Campus" telah dilaksanakan di beberapa universitas sebagai bentuk dukungan pemerintah pada penguatan akses pembiayaan kepada UMKM dan mendorong minat masyarakat agar berwirausaha, khususnya mahasiswa.

Pemerintah juga ingin menyampaikan bagi mahasiswa yang telah memiliki usaha dapat mengakses KUR Super Mikro jika usahanya membutuhkan biaya hingga Rp10 juta.

Mahasiswa yang telah memiliki usaha juga bisa mengakses pembiayaan melalui KUR Mikro untuk pembiayaan di atas Rp10 juta sampai Rp100 juta dan bisa juga mengakses pembiayaan KUR Kecil untuk pembiayaan di atas Rp100 juta sampai Rp500 juta.

Baca juga: Minat "entrepreneur" mahasiswa ditingkatkan lewat KUR Goes to Campus

Pada kesempatan itu Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menjelaskan mengenai KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Penempatan Pekerja Migran Indonesia, dan KUR Khusus dengan plafon sampai Rp100 juta yang pembiayaannya bisa diakses cukup dengan usaha yang dibiayai tanpa memerlukan agunan tambahan.

“Program kewirausahaan di kampus merupakan salah satu kunci utama penciptaan lapangan kerja. Sumber daya manusia generasi muda yang berkualitas tinggi akan mendorong aktivitas kewirausahaan, sehingga dapat mempercepat penciptaan lapangan kerja,” katanya. 

Adapun "KUR Goes to Campus" yang digelar di Sumatera Utara tersebut merupakan seri ke-7 dari kegiatan yang melibatkan lingkungan universitas/perguruan tinggi di berbagai provinsi di Indonesia. Kegiatan tersebut didukung juga oleh salah satu Lembaga Penyalur KUR yaitu Bank BRI yang turut berkomitmen menjadi mitra utama bagi UMKM melalui penyaluran KUR.

Pada kesempatan yang sama Kemenko Perekonomian menggandeng Kinobi Asia untuk memberikan lokakarya bertajuk “Mempersiapkan Generasi Berikutnya untuk Tetap Kompetitif dan Relevan Sesuai Kebutuhan Pasar Kerja” dengan tujuan mempersiapkan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja.

Baca juga: Mentan ajak mahasiswa bertani dengan manfaatkan teknologi dan KUR

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022