Jadi ini saya melihat kepercayaan terhadap tenaga kerja Indonesia sudah semakin baik
Jakarta (ANTARA) - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan kepercayaan global terhadap pekerja industri hulu migas Indonesia kian membaik.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengungkapkan ada beberapa pekerja lokal yang sudah mendapatkan promosi bekerja di sektor operasional global.

"Di beberapa perusahaan internasional seperti di BP plc dilaporkan ada dua orang yang tadinya dari luar negeri, kemudian dipromosikan untuk menjadi pejabat di BP Tangguh. Kemudian di Indonesia ada tiga orang yang ditugaskan di global operation mereka," kata Dwi dalam konferensi pers Indonesian Human Resource Summit (IHRS) di Badung, Bali, Selasa.

Selain itu satu pekerja lokal Exxon yang mendapatkan promosi ke Houston di Amerika Serikat (AS). "Jadi ini saya melihat kepercayaan terhadap tenaga kerja Indonesia sudah semakin baik," imbuhnya.

Dalam upaya meningkatkan kapasitas pekerja migas lokal, SKK Migas telah memiliki cetak biru SDM yang diharapkan dapat mengakselerasi pencapaian Indonesian Oil and Gas (IOG) 4.0 di Indonesia. 

Baca juga: Kebutuhan SDM industri hulu migas meningkat signifikan

Dwi menjelaskan salah satu faktor terpenting dalam perubahan adalah faktor manusia, sehingga change management menjadi program yang sangat penting.

SKK Migas mengkomunikasikan IOG 4.0 secara intens kepada semua pihak yang terlibat. Sejak Maret 2022 SKK Migas telah melaksanakan sesi diskusi kepada seluruh manajemen Pertamina subholding upstream dan para pimpinan tertinggi  SDM di KKKS. Change Management Rollout IOG 4.0 ke seluruh KKKS diharapkan akan rampung pada akhir 2022.

Selanjutnya SKK Migas memiliki strategi talent pool dan kompetensi yang disiapkan untuk meningkatkan kompetensi pekerja hulu migas dan menyediakan wadah talent pool sebagai database pekerja hulu migas yang terintegrasi.

SKK Migas juga menjalankan strategi crossposting untuk mengisi kebutuhan atas tenaga kerja dan knowledge transfer antar KKKS dengan SKK Migas, baik itu business unit di Indonesia maupun headquarter KKKS tersebut.

Baca juga: Tingkatkan keandalan operasi, Pertagas kembangkan inovasi pekerja

Pada Juni 2022 SKK Migas bersama ExxonMobil Cepu Limited dan Petrochina International Jabung Limited telah menandatangani nota kesepahaman terkait crossposting dan pengembangan SDM. 

Selanjutnya strategi terakhir SKK Migas adalah mengembangkan kompetensi pekerja untuk mengidentifikasi dan menutup gap kompetensi antara kompetensi eksisting dengan kompetensi yang diperlukan untuk mencapai IOG 4.0.

"Blueprint ini membuat kami tahu tentang apa saja yang mesti disiapkan dan masalah yang dihadapi dalam sepuluh tahun ke depan," jelas Dwi.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Egon Syahrial mengatakan transformasi digital merupakan salah satu strategi yang tepat untuk membangkitkan kembali aktivitas sektor energi pada normal baru, sehingga pola kerja hibrid tidak lagi terelakkan.

"Perusahaan dan individu dituntut untuk berpikir out of the box dengan mengoptimalkan berbagai fasilitas dan prosedur agar pekerjaan tetap dapat berjalan lancar tanpa kendala. Transformasi tidak terelakkan dan terjadi di segala tataran kehidupan, baik secara organisasi maupun secara individu," kata Ego.

Baca juga: Pekerja Pertamina Jakarta minta BPH Migas awasi ketat BBM bersubsidi



 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022