Dengan akselerasi COVID-19 maka pendidikan jarak jauh semakin dikembangkan
Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat mengatakan pihaknya mendorong dan terlibat aktif dalam perluasan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat.
 

“Pandemi COVID-19 membawa dua implikasi, satu akibat dengan adanya pandemi tetapi di sisi lain meningkatkan pengembangan pembelajaran jarak jauh di Tanah Air,” ujar Ojat dalam acara wisuda UT periode I tahun akademik 2021/2022 di Pondok Cabe, Tangerang, Selasa.
 

UT memiliki peran dalam pendidikan jarak jauh, karena satu-satunya kampus yang mengusung model pendidikan tersebut. Akan tetapi dengan adanya pandemi COVID-19, bermunculan kampus-kampus yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh.
 

“Pasar pendidikan yang tadinya cenderung pendidikan jarak jauh oleh UT, akan tetapi sekarang sudah beralih pada pasar persaingan sempurna. UT melihat hal ini sangat positif, dengan akselerasi COVID-19 maka pendidikan jarak jauh semakin dikembangkan,” imbuh dia.

Baca juga: Guru melek literasi digital mudah lahirkan inovasi dalam pembelajaran

Baca juga: Mendikbudristek: UT jadi contoh dalam penerapan PJJ


Dia menjelaskan UT terus mendorong perluasan akses pendidikan di Tanah Air. Biasanya mahasiswa yang mendatangi kampus akan tetapi di UT, kampus yang mendatangi mahasiswa.
 

“Biaya uang kuliah tunggal (UKT) sangat terjangkau jika dibandingkan kampus lainnya,” jelas dia.
 

Kemudian daya tampung UT juga tidak dibatasi dan juga waktu tempuh pun tidak dibatasi. Mahasiswa melakukan perkuliahan sesuai dengan kapasitas masing-masing.
 

Dalam kesempatan itu, UT mewisuda sebanyak 450 wisudawan yang berasal dari 39 kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT). Wisuda yang diselenggarakan secara bauran tersebut mengusung tema “Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatanan Baru PTNBH,” terang Ojat.
 

Dalam kesempatan itu, ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk menghasilkan pembelajaran yang bermutu.

Baca juga: Ketua MPR sebut PJJ bantu pemerintah tingkatkan akses pendidikan

Baca juga: Mendikbud: UT menjadi contoh kampus akselerasi penggunaan teknologi

 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022