Jadi sebenarnya sudah masuknya maskapai penerbangan Citilink ke Dili, Timor Leste, masih berkaitan dengan penerapan visa on arrival (VOA) yang diberlakukan beberapa waktu lalu.
Kupang (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste di Dili, Timor Leste, Okto Dorinus Manik mengatakan bahwa transportasi udara dari Indonesia ke Kota Dili pulang pergi (PP) kembali dibuka setelah tutup akibat pandemi COVID-19.

"Jadi sebenarnya sudah masuknya maskapai penerbangan Citilink ke Dili, Timor Leste, masih berkaitan dengan penerapan visa on arrival (VOA) yang diberlakukan beberapa waktu lalu," katanya kepada ANTARA dari Dili, Selasa.

Ia mengatakan setelah penerapan VOA tersebut, dirinya kemudian menantang beberapa maskapai penerbangan di Jakarta untuk membuka kembali rute penerbangan dari Indonesia ke Dili.

Baca juga: Wamen BUMN: Garuda fokus ke penerbangan domestik dan kargo

Okto menjelaskan kepada pihak maskapai penerbangan bahwa adanya VOA memberikan peluang kepada mereka untuk bisa membuka kembali rute tersebut karena banyak pihak yang berharap.

"Setelah itu Citilink langsung buka penerbangan kembali ke Dili pada 13 Juni lalu dengan penerbangan reguler dua kali sepekan," ujar dia.

Untuk bulan depan ujar dia ada satu maskapai penerbangan lagi yang akan membuka rute penerbangan ke negara itu.

Saat ini tambah dia, banyak pesawat charteran yang disewa oleh warga di Timor Leste untuk terbang ke Indonesia.

Menanggapi pembukaan maskapai penerbangan dari Indonesia ke Dili, Komisaris urusan ketenagakerjaan anatl,ep..aeropprto navegasaun oaereo Timor Leste enspresa publik atau otoritas bandara Timor Leste Jose de Oliveira Leong mengaku mengapresiasi hal tersebut.

"Kami justru menyambut baik hal ini, karena dengan adanya jalur penerbangan dibuka kembali, perekonomian di Dili bisa dikatakan bangkit kembali," tambahnya.

Baca juga: Emirates hadirkan kembali penerbangan harian ke Bali

Banyak pengusaha dari Timor Leste yang mempunyai urusan di Indonesia khususnya di Surabaya, Jawa Timur, sehingga pembukaan kembali penerbangan itu sangat membantu.

Ia menyebutkan selain maskapai penerbangan Citilink, Air Asia juga sudah beroperasi ke Dili.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022