Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menekankan bahwa Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022 harus dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kesehatan semua ibu dan anak di Indonesia.

“Keluarga memiliki peran penting dalam menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas,” kata Budi dalam keterangan video di kanal Youtube resmi BKKBN di Jakarta, Selasa.

Budi menuturkan bahwa keluarga merupakan unit terkecil di dalam masyarakat yang berperan sebagai tempat untuk bernaung, saling mencintai dan saling membutuhkan bagi setiap anggota keluarganya.

Baca juga: MenPPPA: Harganas 2022 momentum perkuat komitmen cegah stunting

Keluarga bertanggung jawab dalam menjalankan seluruh pemenuhan hak anak, pengasuhan dan perawatan, sehingga nantinya lahir putra putri penerus bangsa yang berkualitas. Keluarga berperan penting dalam mencegah anak terkena kekerdilan (stunting) di semua fase kehidupan.

Guna meningkatkan kualitas kesehatan bagi ibu dan anak, keluarga harus cermat dalam mempersiapkan kesehatan calon ibu yang ingin hamil. Selain itu, keluarga dapat memastikan agar semua remaja putri dan ibu hamil aktif meminum tablet tambah darah (TTD).

Budi menyarankan agar keluarga secara teratur menemani ibu pergi memeriksakan kehamilan minimal enam kali, dimana dua di antaranya harus diperiksa oleh dokter, termasuk memastikan asupan protein hewani ibu hamil atau menyusui dan balita terpenuhi.

Sedangkan bagi usia enam bulan, ASI eksklusif harus terus diberikan. Ibu diharapkan terus menyusui sampai anak berusia dua tahun. Pemeriksaan balita ke Posyandu setiap bulan juga sangat penting agar pertumbuhan dan perkembangannya terpantau dengan baik.

Selain pemberian gizi untuk mencegah stunting, imunisasi juga mendorong keberhasilan pencegahan dan penanggulangan stunting.

Dalam kesempatan itu, Budi mengajak semua pihak untuk menjadikan Hari Keluarga Nasional sebagai momentum untuk menggalang dan meningkatkan komitmen berbagai pihak guna mewujudkan Indonesia bebas stunting.

Baca juga: BKKBN gelar pelayanan KB serentak sambut Hari Keluarga Nasional 2022

Baca juga: Kemenko PMK: Harganas momentum perkuat fungsi keluarga


Sebab, seluruh upaya yang dilakukan oleh pemerintah sangat tergantung pada peran aktif masyarakat, terutama keluarga sebagai ujung tombak pembangunan bangsa.

“Mari menjamin generasi yang berkualitas menuju Indonesia Emas 2045. Sehat keluargaku, sejahtera bangsaku. Selamat Hari Keluarga Nasional ke-29 tahun 2022. Cegah stunting, itu penting,” kata Budi.

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022