Sebanyak 3 unit helikopter itu yakni rinciannya 1 unit dari BNPB, 1 unit untuk patroli dan 1 helikopter bantuan dari KLHK
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau mendapat bantuan tambahan satu helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) guna memaksimalkan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal di Pekanbaru, Selasa, mengatakan dengan penambahan bantuan helikopter tersebut maka di Riau telah siaga sebanyak 3 unit helikopter dan 1 pesawat.

"Sebanyak 3 unit helikopter itu yakni rinciannya 1 unit dari BNPB, 1 unit untuk patroli dan 1 helikopter bantuan dari KLHK," katanya.

Baca juga: BPBD Riau kerahkan personil dan Heli WB padamkan karhutla di Dumai

Ia menyebutkan saat ini helikopter di Riau yang siaga ada 2 dari 8 heli yang dipersiapkan oleh BNPB untuk Riau dan sejauh ini Pemprov Riau belum  meminta penambahan bantuan helikopter, mengingat situasi karhutla sejauh ini masih terkendali.

Edy Afrizal mengatakan untuk penanganan sejumlah lahan terbakar sebelumnya, sudah berhasil dikendalikan sehingga diambil kebijakan menarik seluruh personel dari lapangan.

"Meski demikian, petugas kita tetap siaga, dan kegiatan patroli tetap dilakukan. Jika nanti ada laporan atau ada terpantau titik api melalui dasbor Lancang Kuning, kami siap untuk turun," kata Edy. 

Baca juga: Petugas gabungan padamkan kebakaran lahan di Kampar

Baca juga: Nanas hingga udang jadi upaya pencegahan Karhutla di Riau

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022