Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (28/6), mulai dari Presiden Jokowi lanjut ke Ukraina lewat jalur darat dari Polandia, hingga tiga RUU DOB di Papua disetujui pada pembahasan tingkat pertama.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Presiden Jokowi lanjut ke Ukraina lewat jalur darat dari Polandia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa sudah tiba di Bandara Internasional Rzeszow, Polandia, sekira pukul 11.50 waktu setempat, setelah menempuh penerbangan dari Bandara Internasional Munich.

Selanjutnya, Presiden Jokowi beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan melalui jalur darat dari Rzeszow, yang hanya berjarak sekira 80 kilometer dari perbatasan Ukraina, menggunakan kereta api menuju Ibu Kota Ukraina, Kiev.

Selengkapnya baca di sini.

Wapres Ma'ruf Amin pimpin pemerintahan hingga 2 Juli 2022

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin memimpin pemerintahan Indonesia hingga 2 Juli 2022 berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 9 Tahun 2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden.

"Menetapkan: kesatu, menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab pada tanggal 26 Juni sampai dengan 2 Juli 2022, atau sampai dengan tanggal tiba kembali di Tanah Air," demikian disebutkan dalam keppres tersebut yang diakses dari laman Sekretariat Negara pada Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

Tito Karnavian batal berkunjung ke Papua Barat karena sakit

Penjabat Gubernur Papua Barat Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Paulus Waterpauw menyebut Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Pur) Tito Karnavian, batal berkunjung ke Manokwari, Papua Barat, lantaran kondisi kesehatannya yang kurang mendukung atau sakit.

Karnavian semula dijadwalkan tiba di Manokwari, Selasa petang, untuk membahas berbagai isu strategis dengan seluruh jajaran pemerintah di Papua Barat.

Selengkapnya baca di sini.

PAN putuskan Yandri gantikan Zulkifli sebagai Wakil Ketua MPR

DPP PAN telah memutuskan untuk menunjuk Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR RI menggantikan Zulkifli Hasan yang kini sebagai Menteri Perdagangan.

"DPP PAN telah menetapkan pengganti Bang Zulkifli Hasan di posisi Wakil Ketua MPR RI adalah Yandri Susanto," kata Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

Tiga RUU DOB di Papua disetujui pada pembahasan tingkat pertama

Komisi II DPR RI dan pemerintah menyetujui tiga rancangan undang-undang daerah otonomi baru (RUU DOB) di Papua pada pembahasan tingkat pertama.

"Apakah setuju dengan tiga RUU ini untuk diteruskan ke pembahasan tingkat dua, pada paripurna terdekat untuk pengambilan keputusan," kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia dalam rapat kerja di kompleks Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022