Jakarta (ANTARA) - Selebriti Karin Novilda atau akrab disapa Awkarin mengajak anak muda agar menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental dengan berbagi kisah melalui program siaran langsung (live streaming) interaktif di platform GoPlay.

Awkarin akan membawakan program berjudul “Teman Healing Karin Novilda” dengan didampingi pakar kesehatan jiwa. Program yang akan tayang mulai hari ini hingga 20 Juli 2022 dan hadir secara rutin setiap Rabu ini akan mengupas berbagai topik, seperti kesehatan mental, kecemasan, amor fati (belajar mencintai takdir), hingga perjalanan seorang penyintas bipolar.

Berikut sejumlah alasan menarik yang perlu diketahui sehingga sayang untuk melewatkan program ini, dikutip dari siaran pers yang diterima Antara di Jakarta pada Selasa (28/6) malam.

Anak muda rentan terhadap gangguan kesehatan mental

Keterbatasan sosial dan ketidakpastian sepanjang pandemi menyebabkan banyak anak muda, mengeluhkan kejenuhan dan kecemasan. Menurut survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022, kecenderungan untuk lebih mudah marah, takut, serta cemas terjadi pada kelompok usia 17 hingga 30 tahun, lebih tinggi dibandingkan kelompok umur lainnya.

Awarin berpendapat banyak anak muda yang belum mengetahui bahwa seiring dengan perkembangan media sosial, maka semakin banyak hal yang dapat mengganggu kesehatan mental.

“Oleh karena itu, GoPlay dan saya mengajak teman-teman semua untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan mental yang sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh kita,” katanya.

Baca juga: GoPlay adakan audisi virtual "girlband" skala besar

Baca juga: GoPlay hadirkan inovasi baru untuk "live streaming"


Membahas kesehatan mental dalam format yang menarik, interaktif, dan edukatif

Pihak GoPlay menyambut gembira dapat berkolaborasi dengan Awkarin untuk berbagi pesan positif dengan komunitas penonton.

Head of Creative Development GoPlay Chicha Dipsy mengatakan topik kesehatan mental bagi anak-anak muda semakin relevan seiring derasnya informasi di media sosial dan adanya keterbatasan sosial selama pandemi.

“Dengan perilaku konsumsi media anak muda saat ini, beragam topik krusial dan pesan positif ini perlu dihadirkan dalam format yang menarik, inspiratif, serta edukatif sehingga dampak yang dihasilkan semakin luas,” kata Chicha.

Dihadiri oleh pakar yang bisa menjawab pertanyaan audiens

Awkarin akan ditemani oleh seorang dokter spesialis kedokteran jiwa dr. Myra, M.Kes, Sp.KJ. dalam program baru ini.

Myra sendiri berpengalaman dan ahli dalam bidang kesehatan jiwa serta tercatat sebagai dokter jiwa di RSUD Ampana Sulawesi Tenggara serta tergabung sebagai anggota dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia.

Berbagi cerita secara secara live bareng Karin

Dalam acara ini, pengguna GoPlay juga dapat membagikan pengalaman mereka dan berkesempatan untuk dibacakan ceritanya ataupun tampil secara langsung dalam sesi live-stream.

Untuk berpartisipasi, GoPlay dan Karin mengadakan serangkaian kegiatan di GoPlay mulai 23 Juni 2022. Pengguna dapat bergabung dalam grup telegram “Teman Healing Karin Novilda” di GoPlay pada tautan t.me/temanhealingkarin agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

Berbagai fitur interaktif selama live di GoPlay

Penonton maupun kreator di GoPlay dapat memanfaatkan teknologi interaktif dalam GoPlay seperti private chat, shout out, trivia, polling, dan lainnya.

Menurut Chicha, ragam fitur interaktif tak hanya memungkinkan pengguna menikmati berbagai hiburan live-stream bersama dengan teman dan keluarga, melainkan juga memudahkan konten kreator berinovasi dalam membuat konten yang kreatif dan interaktif.

“Sebagai rumah bagi kreator lokal, GoPlay berharap program ini dapat menginspirasi lebih banyak kreator di Indonesia yang berbagi pesan positif bagi anak muda melalui karya mereka,” kata Chicha.

Baca juga: "Cerita Kejar Mimpi Movie" padukan film dan "talkshow" interaktif

Baca juga: GoPlay dorong pertumbuhan ekonomi kreator konten lokal

Baca juga: GoPlay hadirkan fitur "Live Games"

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022