Jakarta (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Kami sangat bersyukur atas pencapaian yang telah diraih,” ujar Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Pencapaian tersebut, lanjut dia, hasil kolaborasi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan sejumlah pemangku kepentingan.

Baca juga: Uhamka peringkat satu Webometricts Impacts Ranking kampus Muhammadiyah

“Alhamdulillah, raihan ini diterima saat Uhamka melepas Hamka muda (lulusan Uhamka) melanjutkan cita-citanya, Kita mendapat kado istimewa bahwa Uhamka dinyatakan terakreditasi unggul. Terima kasih atas doa dan kerja keras bapak- bu dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan juga semua keluarga besar Uhamka. Semoga Allah membalas kebaikan dan semangat kita semua,” kata dia.

Gunawan menambahkan, dari 2.887 universitas yang ada di Indonesia dan terdaftar di BAN -PT, hanya 31 universitas yang terakreditasi unggul, salah satunya Uhamka. Akreditasi unggul tersebut tertuang dalam SK dengan Nomor 290/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VI/2022.

Baca juga: Uhamka tempati peringkat 66 kampus terbaik versi Webometrics 2022

Sebelumnya Uhamka telah meraih akreditasi unggul untuk Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Akreditasi unggul adalah capaian tertinggi bagi universitas di Indonesia yang memiliki mutu dan dilakukan penilaian oleh BAN-PT dengan memperhatikan sembilan kriteria visi, misi, tujuan dan sasaran; tata pamong, tata kelola dan kerja sama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, sarana, dan prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, luaran dan capaian Tridharma Perguruan Tinggi.

Baca juga: Uhamka raih hibah pendanaan untuk 12 kelompok PKM

Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Prof Nizam mengapresiasi akreditasi unggul yang diraih oleh Uhamka. Nizam juga mendorong PTS di Tanah Air agar dapat meraih akreditasi unggul juga, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022