Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengajak segenap bangsa Indonesia dan generasi muda untuk meneruskan semangat juang para pahlawan bangsa yang telah gugur guna mewujudkan visi Indonesia Emas di tahun 2045.

"Kami terus melanjutkan apa yang telah diukir para pahlawan bangsa dan menjadi warisan, serta akan terus kita perjuangkan untuk membawa institusi Polri menjadi lebih baik. Dan juga mengawal bangsa serta negara kita untuk terus melaksanakan programnya menuju Indonesia Emas tahun 2045," kata Sigit saat memimpin prosesi ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu.

Menurut jenderal bintang empat itu kegiatan berziarah ke makam pahlawan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan personel Polri yang telah gugur berjuang untuk Bangsa Indonesia.

Ziarah ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan menyambut HUT Ke-76 Bhayangkara yang diperingati setiap tanggal 1 Juli.

Baca juga: Polri berkomitmen gunakan uang negara secara transparan dan akuntabel

Baca juga: Hadiri malam kreasi, Kapolri tegaskan Polri terbuka terima kritik


"Kegiatan kali ini merupakan bagian penghormatan kita, terhadap para pahlawan nasional yang telah berjasa pada saat memperjuangkan kemerdekaan. Dan juga banyak senior-senior yang tentunya dimakamkan di taman makam pahlawan ini," katanya.

Mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan bahwa, prosesi ziarah ini sekaligus untuk mengenang seluruh jasa dan perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan dalam meraih kemerdekaan untuk rakyat Indonesia.

"Bagi kami spirit (semangat) perjuangan beliau-beliau, kemudian, hal positif dan juga di satu sisi adalah kesempatan kami untuk berikan penghormatan dan doa bagi para pendahulu kami," ujar Sigit.

Dengan adanya penghormatan ini, Sigit menekankan, sebagai generasi penerus bangsa, semangat yang dikobarkan dan dicita-citakan oleh para pendahulu bangsa harus terus diperjuangkan untuk saat ini dan kedepannya.

Semangat itu, kata dia, harus dijadikan refleksi sebagai energi positif untuk terus memberikan yang terbaik untuk bangsa, negara, masyarakat dan institusi Polri, ke depannya.

"Ini merupakan warisan yang akan terus kita berikan kepada generasi-generasi muda kita selanjutnya," tutur Sigit.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022