JakartaKepala Badan Kependuduk (ANTARA) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo meminta setiap pihak untuk memaknai Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2022 sebagai momentum untuk memperkuat rasa cinta dan kasih kepada anak.

“Keluarga adalah kunci utama pembangunan suatu bangsa,” kata Hasto dalam keterangan video di kanal Youtube BKKBN di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Menkes: Harganas 2022 momentum tingkatkan kesehatan ibu dan anak

Hasto menuturkan terbentuknya keluarga dengan kondisi yang tenteram, mandiri, dan bahagia akan melahirkan seorang anak yang sehat, cerdas, dan sejahtera.

"Melalui keluarga yang mandiri dan bahagia akan terbentuk karakter anak sesuai dengan budaya bangsa. Anak juga memahami pentingnya arti perilaku hidup sehat," katanya.

Menurut dia, keluarga merupakan kunci utama pembangunan bangsa. Dengan demikian, 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) pada anak harus dioptimalkan melalui pemberian asupan gizi seimbang seperti protein hewani dan pemantauan kesehatan di posyandu atau puskesmas.

Baca juga: MenPPPA: Harganas 2022 momentum perkuat komitmen cegah stunting

“Ini akan menjadi kunci sukses dalam mencegah stunting dan mempersiapkan generasi sehat unggul di masa depan,” ujar Hasto.

Oleh karena itu, Hasto meminta seluruh keluarga di Indonesia untuk merayakan Hari Keluarga Nasional 2022 dengan menerapkan kembali kebiasaan duduk bersama dan memperkuat ikatan emosional dengan anak.

Menurut dia, banyak anak yang sebenarnya memiliki kerinduan mendalam dan keinginan yang kuat untuk menghabiskan waktu bersama orang tua mereka.

Baca juga: Akademisi: Harganas momentum perkokoh interaksi keluarga

“Selamat Hari Keluarga Nasional ke-29. Ayo cegah stunting, keluarga bebas stunting,” ucap Hasto.

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022