Jakarta (ANTARA) - Keluarga merupakan kelompok terkecil dalam masyarakat dan memiliki peran sebagai pondasi setiap anggota, sebelum akhirnya dapat bersosialisasi dengan masyarakat luar.

Keluarga yang sering melakukan kegiatan bersama akan memiliki ikatan emosional yang kuat dan dapat beradaptasi dengan baik. Momen Hari Keluarga Nasional yang jatuh di hari ini bisa jadi saat yang tepat untuk quality time bersama keluarga dengan banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan dari rumah saja.

Berikut 5 tips menikmati quality time bersama keluarga di rumah, dikutip dari siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Penjualan kebutuhan keluarga naik di kota tier dua dan tiga

1. Ajak anak berkebun di rumah
PS 2002 dan GRÄSMARÖ dari IKEA (ANTARA/HO)


Salah satu kegiatan seru yang dapat dilakukan di rumah adalah berkebun bersama. Kegiatan ini memungkinkan orang tua untuk memberikan contoh yang baik yaitu merawat lingkungan dari langkah sederhana.

Baca juga: Keluarga konfirmasi Marshanda tidak hilang dan dalam kondisi baik

Saat anak sedang bersama orang tua, mereka akan melihat hal apa saja yang dilakukan dan meniru orang tua. Di saat inilah orang tua bisa memberikan contoh yang baik agar bisa diikuti oleh anak-anak dan menjadi kebiasaan yang baik.

Untuk melengkapi kegiatan berkebun dengan keluarga di rumah, Anda bisa menggunakan penyiram tanaman seperti IKEA PS 2002 dan GRÄSMARÖ yang merupakan tiga set peralatan bercocok tanam dari IKEA.

2. Habiskan waktu dengan bermain permainan seru
Bermain boneka dapat membantu anak mempertajam imajinasi, meningkatkan kreativitas, dan menambah kosakata.

Meluangkan waktu dengan anak juga berarti memberikan perhatian kepada mereka dan membuat anak merasa penting.

Baca juga: Cara Tya Ariestya dan Sabai Dieter jaga kehangatan keluarga

Dengan adanya komunikasi yang baik pada saat bermain bersama, anak atau pun anggota keluarga lainnya akan lebih terbuka dan merasa lebih nyaman untuk mengomunikasikan segala hal.

3. Bahu-membahu menyiapkan makan malam bersama
Waktu berkualitas saat makan malam bersama dapat dimanfaatkan untuk berbagi cerita keseharian anggota keluarga, pengalaman baru, atau sekedar berkomunikas sebagai langkah positif untuk membangun hubungan yang sehat.

Momen ini dapat menjadi lebih hangat jika semua anggota keluarga bersama-sama menyiapkan makan malam.

4. Menonton film favorit keluarga di ruang tamu
TREVNAD dan BLANDA MATT dari IKEA (ANTARA/HO)


Kursi atau sofa di ruang keluarga jika ditata dengan baik dapat membuat momen menonton film favorit semakin berkualitas. Agar momen rebahan bersama keluarga menjadi semakin nyaman, kamu dapat menambah bantal kursi empuk dan lembut seperti TREVNAD dari IKEA.

Baca juga: Makna keluarga bagi Tya Ariestya dan Sabai Dieter

Di samping itu, menonton bersama rasanya tidak lengkap jika tidak ditemani camilan atau popcorn. BLANDA MATT, mangkuk saji berbahan bambu dari IKEA dapat menjadi pilihan tepat untuk digunakan sebagai wadah camilanmu bersama keluarga.

5. Untuk menutup hari, ceritakan masa kecil orang tua dan silsilah keluarga
Saat ada banyak ruang di rumah yang bisa menjadi tempat kerja alternatif, tak adil rasanya jika kamu tidak menyisakan satu tempat untuk terbebas dari pekerjaan. Ruangan tersebut adalah kamar tidur.

Sebelum tidur, orang tua dapat menceritakan sejarah keluarga dan masa kecil. Mungkin si kecil juga belum banyak mengenal anggota keluarga. Nah, Hari Keluarga Nasional tahun ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan silsilah keluarga kepada anak-anak. Kegiatan ini bertujuan agar seiring bertumbuh dewasa, anak stay true to their roots.

Baca juga: Tips Indra Brasco dan Mona Ratuliu kelola keuangan keluarga

Baca juga: Agar aktivitas seksual tetap nyaman dan bergairah saat pakai KB

Baca juga: Penyebab dan solusi untuk atasi permasalahan keuangan keluarga

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022