Jakarta (ANTARA) - TikTok, salah satu platform berbagi video pendek di Tanah Air, mengenalkan kampanye yang bertajuk "#SerunyaBelajar Ada di TikTok" sebagai program baru mengajak para kreator konten edukasi menghadirkan konten- konten pendidikan yang menyenangkan serta menghibur.

Konten-konten pendidikan yang dimaksud tidak terbatas pada yang diajarkan di bangku pendidikan formal tapi juga pendidikan- pendidikan nonformal seperti membahas teknologi hingga edukasi pengembangan diri.

Baca juga: TikTok pindahkan data penggunanya di AS ke penyimpanan Oracle

"Jadi ini memang inisiatif dari TikTok mengajak para pengguna kami dan kreator konten edukasi untuk mengunggah konten- konten informatif dan mengedukasi agar semakin menghibur dan menyenangkan. Dengan "SerunyaBelajar, diharapkan ada banyak berbagai konten edukatif baik dari yang formal maupun nonformal bisa lebih bermanfaat untuk banyak orang," kata Education and Lifestyle Creators Partnership Lead TikTok Indonesia Kevin Chandra dalam konferensi pers virtual, Rabu.

Lebih lanjut, konten edukasi masuk ke dalam kategori lima besar konten yang paling banyak ditonton dan memiliki banyak penggemar di TikTok.

Konten edukasi itu pun beragam tidak hanya seputar ilmu pengetahuan seperti matematika,serta pengetahuan alam saja tapi juga seputar edukasi mengenai bisnis, teknologi terkini, seni, bahkan hingga ke konten pengembangan diri.

Figur publik Cinta Laura Kiehl dalam kampanye ini menjadi salah satu kolaborator penting karena TikTok mengajaknya sebagai Campaign Ambassador #SerunyaBelajar Ada di TikTok.

Baca juga: Instagram tes layar penuh, mirip TikTok

Cinta menyambut baik inisiatif ini mengingat pendidikan di tengah transformasi digital sudah lebih inklusif dan menyediakan banyak ragam ilmu.

Kehadiran platform digital seperti TikTok pun dinilai sebagai langkah maju untuk membuat perkembangan positif bagi pendidikan khususnya di Tanah Air.

"Sekarang ini terutama dari generasi milenial dan generasi Z, mereka sudah punya pemikiran yang lebih kritis karena ketika mereka penasaran akan sesuatu mereka dengan mudah bisa mencari dan mendapatkannya. Kehadiran platform digital TikTok dan kampaye #SerunyaBelajar bisa jadi cara orang- orang belajar lebih menyenangkan tanpa merasa didikte atau dipaksa karena topiknya yang diinginkan bisa dicari sendiri," kat Cinta.

Adapun kampanye kegiatan ini akan berlangsung hingga 10 Juli 2022 dengan tiga kegiatan besar meliputi kompetisi hastag challenge untuk pengguna TikTok membuat kreasi konten edukasi dengan menyematkan tagar #SerunyaBelajar.

Selain itu kegiatan lainnya adalah siaran langsung di 29 Juni- 7 Juli 2022 yang berlangsung di akun resmi TikTok dengan tema "SerunyaBelajar Bangun Masa Depan".

Kegiatan menarik dan berlangsung di satu tempat khusus juga tersedia dalam acara Creative Edu Exhibition serta Networking Party di Mbloc Space di tanggal 4- 10 Juli 2022.

Dalam kedua acara tersebut akan banyak kreator konten edukasi dari berbagai bidang seperti bisnis, ilmu pengetahuan, pengembangan diri, hingga seni yang hadir untuk memberikan informasi hingga memberikan kelas edukasi menyenangkan sesuai bidang mereka.


Baca juga: Arjuna 89 tak menyangka single "Takdir Memisahkan" viral di TikTok

Baca juga: TikTok perbanyak fitur untuk atur waktu penggunaan di aplikasinya

Baca juga: Idgitaf bahas pulihnya trauma dalam lagu "Satu-Satu"

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022