Dengan ucapan basmalah, saya mendampingi Bapak, moga-moga peperangan ini segera berakhir karena sangat merinding saya melihat.
Jakarta (ANTARA) -
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ, dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kiev, Rabu.
 
Penyerahan bantuan saat Ibu Negara mendampingi Presiden Jokowi menyambangi sebuah rumah sakit yang berada di pusat kota Kiev tersebut usai meninjau Apartemen Lipky di Irpin.
 
"Tadi saya sama Bapak Jokowi sedikit membantu untuk rumah sakit yang korban dari peperangan," ucap Ibu Iriana usai menyerahkan bantuan, demikian keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Saat ditanya bagaimana kesan mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Ukraina, Ibu Iriana berharap agar perang segera berakhir.
 
"Dengan ucapan basmalah, saya mendampingi Bapak, moga-moga peperangan ini segera berakhir karena sangat merinding saya melihat," ucap Ibu Negara.
 
Selain bantuan kemanusiaan, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan komitmen rekonstruksi rumah sakit yang rusak akibat perang.
 
"Selain bantuan yang secara simbolis disampaikan Ibu Negara, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan juga komitmen untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi secara terpisah.
 
Sebelumnya, Presiden dan Ibu Negara sempat meninjau kompleks apartemen yang rusak akibat invasi militer Rusia ke Ukraina.
 
Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara adalah Menlu Retno Marsudi serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
 
Selepas kunjungan ke rumah sakit, Presiden Jokowi beserta rombongan akan bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky membawa misi agar terbukanya dialog perdamaian antara Ukraina dan Rusia.
 
Sesudahnya pada Rabu sore setempat rombongan Presiden Jokowi akan kembali ke Stasiun Central Kiev untuk bertolak menuju Stasiun Przemysl di Polandia dengan kereta api.

Baca juga: KSP: Keikutsertaan Ibu Negara ke Kyiv sebagai simbol perdamaian

Baca juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Kyiv

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022