Jakarta (ANTARA) - Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sandal berbahan kayu Mahoni dan Jati asal Tasikmalaya Jawa Barat yang membuka gerai di Jakarta Fair Kemayoran atau Pekan Raya Jakarta (PRJ), merambah pangsa pasar di Prancis dan Thailand.
 
"Sudah sampai Thailand sejak 2015, mereka suka dengan yang menggunakan kain songket. Kita juga ekspor sampai Prancis hingga  berkontainer-kontainer," kata pemilik Minimax Gallery, Renny Octavia kepada ANTARA di Kawasan PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu malam.

Baca juga: Produk UMKM hijab asal Lamongan tembus pasar di Jepang
 
Namun, Renny mengatakan pandemi wabah virus corona sempat menghentikan kegiatan ekspor ke dua negara tujuan. Kendati demikian, tahun ini produknya akan segera terbang kembali ke Prancis.
 
"Tahun ini kita rencana untuk ekspor kembali ke Prancis," ujar dia.
 
Renny mengaku sudah mengikuti kegiatan PRJ sejak 2013, namun merasa kurang puas dengan penjualan saat ini yang tidak begitu bergairah jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi COVID-19.

Baca juga: DPMPTSP DKI hadir di Jakarta Fair beri layanan asistensi perizinan
 
Renny mengatakan bahwa sebelum pandemi mampu menjual hingga 5.000 pasang selama pameran berlangsung atau 2.500 pasang pada Sabtu dan Minggu.
 
"Tahun ini harapannya bisa menjual sampai dengan 4.000 pasang selama PRJ berlangsung," ungkap Renny.
 
Sebagai informasi tambahan, setelah absen selama dua tahun Jakarta Fair Kemayoran kembali digelar mulai dari 9 Juni-17 Juli 2022.

Baca juga: Empat hari, Jakarta Fair tarik 304 ribu pengunjung

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022