Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid meminta masyarakat khususnya pelaku bisnis memanfaatkan teknologi digital karena tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan perdagangan elektronik atau “e-commerce”.

“Sebanyak 88,1 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan e-commerce untuk membeli produk dan persentase tersebut merupakan yang tertinggi di dunia. Karena itu saya mengajak pelaku bisnis untuk menjadi pengusaha muda yang mampu memanfaatkan digital,” kata Meutya dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakan Meutya dalam webinar “Ngobrol Bareng Legislator” dengan tema “Pemanfaatan Internet Bagi Entrepreneur Muda” yang dilaksanakan pada Rabu. Acara terselenggara atas kerja sama Komisi I DPR dengan Ditjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca juga: Baleg DPR buka peluang bentuk Panja Pemantauan Pelaksanaan UU TPKS

Dia menjelaskan, perkembangan pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 202,6 juta dari jumlah penduduk Indonesia sebesar 270,2 juta dengan jumlah penetrasi internet sebesar 73,7 persen.

Menurut dia, angka tersebut akan semakin bertambah karena pesatnya perkembangan digital di Indonesia.

“Dengan pesatnya perkembangan tersebut perlu banyak dari masyarakat yang sudah memanfaatkan internet ke dalam bisnisnya,” ujarnya.

Meutya mengatakan, bisnis digital di tengah pandemi sudah semakin meningkat di Indonesia, disebabkan karena adanya pembatasan-pembatasan sosial sehingga masyarakat dituntut untuk melakukan kegiatan apapun di rumah.

Dia menilai, bisnis di era digital merupakan akibat dari kecepatan transformasi digital dan masyarakat memanfaatkan digital pada bisnisnya karena dapat memberikan berbagai kemudahan.

“Pemanfaatan bisnis di era digital agar pelaku bisnis mampu bersaing. Karena itu pelaku bisnis harus mampu memanfaatkan digital atau internet dalam usahanya,” katanya.

Karena itu dia menilai apabila ada pelaku bisnis yang sudah mempunyai usaha dan belum terkoneksi dengan internet maka usaha akan tergilas perkembangan zaman.

Dalam diskusi tersebut, “influencer” Rani Yuliyanti mengatakan manfaat internet pada pelaku bisnis sangat banyak misalnya dapat memuat informasi-informasi yang dibutuhkan terkait produk yang dijual.

“Selain itu memudahkan para pebisnis untuk memasok barang dan juga bisa menjadi 'branding' terhadap produk-produk yang kita jual sehingga dapat menarik konsumen,” ujarnya.

Menurut dia, internet merupakan suatu media untuk dapat dijadikan sebagai promosi dalam dunia usaha sehingga para pengusaha muda harus memanfaatkannya secara maksimal.

Baca juga: DPR dan Pemerintah akan bahas revisi UU Pemilu atau Perppu soal DOB
Baca juga: Anggota DPR dorong revisi UU Pemilu dampak pemekaran wilayah Papua

 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022