Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong mengatakan karya foto jurnalistik memiliki peranan yang besar dalam membentuk opini publik di era digital.

"Penyajian visual berperan besar membuat opini publik, di situlah jurnalis foto jadi penanggung jawab utamanya dan tetap harus meliterasi masyarakatnya," ujar Usman dalam pembukaan pameran foto "Indonesia Melalui Bencana" di Galeri Foto Jurnalistik ANTARA di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Mensos Risma: Dari foto bisa banyak belajar soal penanganan bencana

"Indonesia Melalui Bencana" menyajikan sejumlah peristiwa bencana alam yang terjadi di Indonesia. Pameran ini memperlihatkan penanganan, dan upaya pemulihan dari bencana yang terdiri dari 88 foto dari 104 foto yang ditampilkan dalam buku.

Menurut Usman, kehadiran pameran ini memiliki dua makna yakni bagaimana Indonesia melewati bencana yang terjadi dan gambaran bagaimana masyarakat menghadapi bencana.

"Dalam foto-foto ini kita bisa melihat bagaimana masyarakat saling membantu meringankan beban bagi mereka yang terkena bencana. Kekuatan jurnalis pada tahap ini bukan dari kata-kata tapi dari momen yang menggambarkan peristiwa besar," katanya.

Sementara itu, Direktur Pemberitaan Kantor Berita ANTARA Akhmad Munir mengatakan "Indonesia Melalui Bencana" merupakan seri lanjutan dari pameran yang berlangsung pada acara The Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali.

Baca juga: ANTARA gelar pameran foto pengelolaan bencana Indonesia di GPDRR 2022
 
(kiri-kanan) Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan, Mensos Tri Rismaharini, Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Akhmad Munir, Dirjen IKP Kemkominfo Usman Kansong, dan Anggota Dewas Perum LKBN ANTARA Monang Sinaga (kanan) dalam pembukaan Pameran Foto Jurnalistik bertemakan 'Indonesia Melalui Bencana' di Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA), Pasar Baru, Jakarta, Rabu (29/6/2022). (ANTARA/Mohammad Tohamaksun)

Dengan mendapat bantuan dari Kementerian Kominfo, Kementerian Sosial dan BNPB, LKBN ANTARA mampu memperlihatkan foto-foto yang memiliki nilai kemanusiaan kepada para delegasi dari berbagai negara.

"Kami mendapat respon yang positif dari semua delegasi karena menampilkan nilai-nilai yang humanis, gotong-royong, kebangsaan dan nilai-nilai kemajuan penanganan bencana," kata Akhmad Munir.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA Prof. Widodo Muktiyo pun berharap pameran ini bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Terima kasih kepada Kominfo karena ini adalah bagian dari penugasan negara kepada ANTARA dalam menyebarkan informasi. Semoga pameran foto ini bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat, serta mengedukasi masyarakat terkait bencana," ujar Widodo.

Pameran foto "Indonesia Melalui Bencana" berlangsung mulai 29 Juni - 29 Juli 2022 di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta.

Baca juga: ANTARA Sumbar gelar pameran foto bertajuk "CSR BUMN di masa pandemi"

Baca juga: LKBN Antara tampikan 76 karya foto di Ambon

Baca juga: 120 foto PON koleksi ANTARA tersaji di Monumen Pers Solo

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022