Jakarta (ANTARA) - Perusahaan agritech CROWDE memperbarui kerja samanya dengan Bank BJB untuk memperluas program channeling terkait penyaluran dana kepada para petani di daerah.

CROWDE bekerjasama dengan Bank BJB sejak tahun 2019 sebagai partner offtaker, kemudian pada tahun 2021 berubah menjadi KUR Linkage. Sekarang kerja sama diperbarui menjadi program channeling yang bertujuan sebagai wadah penyaluran dana untuk para petani di daerah, khususnya di Jawa Barat.

"Buat CROWDE bahwa kita punya prinsip sama petani adalah bukan berlari bersama, tapi bagaimana caranya kita menuntun. Karena buat banyak orang mungkin kita punya jangkauan seluruh Indonesia," kata CEO dan Founder CROWDE Yohanes Sugihtononugroho dalam pernyataan pers, Kamis.

Selama hampir 3 tahun bekerjasama, Bank BJB sudah menyalurkan dana kepada para petani dengan bantuan BUMDes setempat. Pertanian dengan proses panjangnya tentu membutuhkan saluran dana dan pendampingan permodalan yang tertata dan sesuai dengan tujuan.

Oleh sebab itu, dengan adanya kerja sama dengan Bank BJB, CROWDE bisa lebih maksimal dalam menyalurkan pendanaan kepada para petani daerah yang membutuhkan, tentunya yang sesuai dengan kriteria, katanya.

Pembaruan kerja sama ini juga merupakan langkah konkret CROWDE untuk memperbaiki kesejahteraan petani di daerah, khususnya Jawa Barat. Sebab, proses panjang dalam pertanian harus terus dikawal untuk menghasilkan komoditas yang bisa dipasarkan secara optimal.

Menurut Yohanes, dengan kerja sama dan program channeling yang baru ini, kita semua dapat berkontribusi untuk industri pertanian yang lebih baik, serta meningkatkan taraf hidup para petani agar bisa memaksimalkan hasil tani di lahan yang mereka garap.

Baca juga: Agritech CROWDE latih perempuan berwirausaha di tiga daerah

Baca juga: CROWDE dan LPPM ITERA kolaborasi bangun SDM pertanian

Baca juga: Startup Crowde gandeng BUMDes Jabar bantu petani

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022