Jakarta (ANTARA) - Ketua Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Prof Adiwijaya mendorong mahasiswa untuk segera melakukan pendaftaran beasiswa APERTI BUMN 2022.

"Kami mendorong calon mahasiswa yang ingin mengikuti seleksi beasiswa APERTI BUMN untuk segera melakukan pendaftaran, karena pendaftaran akan ditutup pada 1 Juli 2022 pukul 23.59 WIB, " ujar Adiwijaya saat dihubungi dari Jakarta, Kamis.

APERTI BUMN merupakan gabungan delapan perguruan tinggi yang berafiliasi dengan BUMN . Delapan perguruan tinggi tersebut yakni Telkom University, Universitas Pertamina,
Institut Teknologi PLN (IT PLN), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), dan IT Telkom Surabaya (ITT Surabaya).

Berikutnya Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITT Purwokerto), Institut Teknologi Telkom Jakarta (ITT Jakarta) dan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI).

Beasiswa APERTI BUMN merupakan beasiswa penuh yang diberikan bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi. Pendaftaran beasissa tersebut dibuka mulai 11 Juni 2022 dan ditutup pada 1 Juli 2022.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, animo peserta sangat tinggi akan Beasiswa APERTI BUMN ini. Hingga kemarin, jumlah calon mahasiswa yang sudah mendaftar mencapai 25.000 orang, " terang dia.

Sementara beasiswa yang disediakan di delapan kampus tersebut hanya sekitar 40 hingga 47 beasiswa. Rata-rata setiap perguruan tinggi BUMN menyediakan minimal lima beasiswa APERTI BUMN setiap tahunnya.

Untuk tahapan seleksi terdiri dari dua tahapan yakni administrasi dan wawancara. Tingkat keketatan, lanjut dia, mencapai satu berbanding 1.000.

"Beasiswa ini membiayai uang SPP dan juga biaya pembangunan, akan tetapi untuk biaya hidup tidak, " kata dia.

Adiwijaya yang juga Rektor Telkom University itu mengharapkan calon mahasiswa segera mendaftar Beasiswa APERTI BUMN sebelum waktu pendaftaran ditutup. 

Baca juga: Kampus Merdeka Aperti BUMN memungkinkan pembelajaran lintas kampus

Pewarta: Indriani
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022