Dan saya harus luruskan juga bahwa jangan sampai ada anggapan besok harus ada QR Code kalau tidak ditolak, itu tidak benar, semua proses pembelian masih seperti biasa
Bandung (ANTARA) - Pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi menggunakan aplikasi MyPertamina bisa dilakukan oleh masyarakat dengan mengunjungi laman subsiditepat.mypertamina.id yang akan dimulai besok, Jumat, 1 Juli 2022.

"Untuk pendataan itu adanya di web Pertamina, dengan alamat tadi di subsiditepat.mypertamina.id. Dan itu akan kita mulai besok, per 1 Juli 2022. Sekali lagi, itu akan dimulai pendaftarannya," kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam jumpa pers virtual, Kamis.

Irto mengatakan selama proses registrasi yang dimulai besok pembelian BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar masih dilakukan seperti biasa.

Dia menuturkan pendaftaran di laman tersebut juga hanya berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih atau belum berlaku untuk sepeda motor.

"Jadi saya tegaskan untuk pendaftaran saat ini kita buka untuk kendaraan roda empat, khususnya Pertalite. Lalu untuk Solar sesuai Perpres Nomor 191 Tahun 2014," kata Irto.

Baca juga: Aplikasi MyPertamina berfungsi untuk mendata konsumen BBM bersubsidi

Dia juga menjelaskan mulai besok masyarakat hanya perlu mendaftar di laman tersebut (website MyPertamina), sedangkan untuk penerapan mekanisme baru pembelian Pertalite dan Solar menggunakan QR Code belum dapat direalisasikan selama masa pendaftaran masih berlangsung.

"Dan saya harus luruskan juga bahwa jangan sampai ada anggapan besok harus ada QR Code kalau tidak ditolak, itu tidak benar, semua proses pembelian masih seperti biasa," kata dia.

Seusai mendaftar di laman tersebut dan memasukkan data yang sesuai, kata Irto, maka masyarakat akan tergolong sebagai penerima BBM subsidi lalu, juga akan menerima QR Code yang harus ditunjukkan ketika akan membeli BBM bersubsidi jenis Solar atau Pertalite.

"Kemudian saya juga ingin tegaskan bahwa untuk proses pembeliannya bila nanti sudah ada QR Code bisa ditunjukkan saja, baik di HP atau print-out. Jadi QR Code ini bisa melekat kepada kendaraan," kata dia.

Baca juga: Aplikasi MyPertamina bakal jadi syarat beli BBM bersubsidi

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022