Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping tiba di stasiun West Kowloon, Hong Kong, Kamis sore, dengan menggunakan kereta api, sekaligus sebagai perjalanan pertamanya ke luar wilayah China daratan dalam dua tahun terakhir sejak pandemi COVID-19 melanda.

Xi mengawali kunjungan dua harinya itu untuk menghadiri peringatan 25 tahun kembalinya Hong Kong ke China daratan yang dirangkai dengan pelantikan pemimpin pemerintahan Wilayah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR) pada Jumat (1/7).

Kunjungan ke Hong Kong tersebut merupakan pertama kali dilakukan Xi sejak 2017.

Kepala Eksekutif HKSAR Carrie Lam dan Direktur Kantor Pusat Penghubung China di Hong Kong Luo Huining menyambut kedatangan Xi beserta istrinya Peng Liyuan di emplasemen stasiun kereta api itu.

"Sudah lima tahun berlalu sejak kunjungan terakhir saya ke Hong Kong," kata Xi.

"Selama lima tahun terakhir, saya selalu perhatian dan peduli terhadap Hong Kong. Hati saya selalu bersama para kompatriot di Hong Kong," kata pemimpin tertinggi Partai Komunis China (CPC) itu menambahkan.

Berbagai kanal media di China menyiarkan meriahnya suasana kedatangan Xi yang disambut para pelajar dengan membawa bendera China dan tarian barongsai.

Informasi yang dihimpun ANTARA Beijing menyebutkan upacara pengibaran bendera peringatan kembalinya Hong Kong ke China akan digelar di Golden Bauhinia Square pada Jumat (1/7) pukul 08.00 waktu setempat (07.00 WIB).

Dilanjutkan dengan pelantikan Kepala Eksekutif HSAR yang baru John Lee menggantikan Carrie Lam di Hong Kong Convention and Exhibition Center pada pukul 10.00 (09.00 WIB). 

Baca juga: Polisi Hong Kong persiapkan kemungkinan kedatangan Xi Jinping
Baca juga: China putuskan John Lee sebagai Kepala Eksekutif Hong Kong
Baca juga: Makau terima wisatawan China, Hong Kong tunggu pemerintahan baru

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022