Jakarta (ANTARA) - Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta mengemukakan pengerjaan revitalisasi trotoar di Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat, sudah mencapai 80 persen.

"Secara keseluruhan sekarang sudah sekitar 80,86 persen, rencana diselesaikan di bulan Juli tahun ini," kata Sub Koordinator Urusan Pembangunan dan Peningkatan Kelengkapan Jalan pada Dinas Bina Marga Jakarta, Sigit Widodo saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Revitalisasi trotoar itu dilakukan agar kawasan Kota Tua bisa dinikmati wisatawan dengan berjalan kaki secara nyaman.

Pengerjaan trotoar itu dilakukan di beberapa ruas jalan di antaranya Jalan Ketumbar, Jalan Kemukus dan Jalan Lada Dalam.

Total trotoar yang direvitalisasi sepanjang 2,11 kilometer dengan lebar tiga meter. Trotoar itu akan dilengkapi dengan beberapa bangku, pepohonan, jalur sepeda hingga ubin pengarah untuk disabilitas (guiding block).

Walau sudah 80 persen, Sigit mengaku mengalami beberapa kendala dalam proses pengerjaannya. Di antaranya banyak Pedagang Kaki Lima (PKL) yang kerap berdagang di lokasi pengerjaan trotoar hingga jalur di lokasi yang masih dilalui kendaraan.

Dia memastikan revitalisasi trotoar ini tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta melainkan menggunakan Surat Persetujuan Penunjukan Penggunaan Lokasi atau Lahan (SP3L).
Baca juga: Bina Marga DKI targetkan revitalisasi trotoar Kota Tua selesai Juli
Baca juga: Revitalisasi trotoar Kota Tua terkendala cuaca

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022