Road to Sanfest 2022 bukti mulai pulihnya sektor pariwisata

Road to Sanfest 2022 bukti mulai pulihnya sektor pariwisata

Ketua Sanur Village Festival (Sanfest) 2022 Ida Bagus Gede Sidharta Putra (tengah) saat memberi keterangan kepada awak media di Denpasar. ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

Denpasar (ANTARA) - Pergelaran Road to Sanfest 2022 yang merupakan ajang pemanasan menuju Sanur Village Festival (SVF) merupakan bukti mulai pulihnya sektor pariwisata, khususnya di Bali.

"Road to Sanfest 2022 sebagai bentuk rasa syukur atas pulihnya kembali denyut nadi kehidupan pariwisata di Bali dan hadirnya kembali aktivitas kreatif masyarakat," kata Ketua SVF/Sanfest 2022 Ida Bagus Gede Sidharta Putra yang juga Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Denpasar, di Denpasar, Kamis.

Berlangsung pada 1-3 Juli mendatang di Kebun Terbuka Griya Santrian Resort Sanur yang mampu menampung 1.000 pengunjung, Road to Sanfest mengusung tema "Surya Sewana".

Baca juga: Surya Sewana Road to Sanvest 2022 awali ajang Sanur Village Festival

Sejumlah musisi yang akan meramaikan gelaran ini, menurut Ida Bagus, antara lain Balawan, Sandhy Sondoro, dan Pongki Barata. Kemudian ada musisi lokal seperti Crazy Horse, Allien Child, Bali Bosa Band, Astera, Sound of Mirror, Jampiro Band, Gus Agung Gotama, Soulfood, dan penampil lainnya.

"Surya Sewana Road to Sanfest 2022 kami harapkan dapat mengobati kerinduan pengunjung yang sempat terhenti dua tahun karena pandemi COVID-19, seraya menunggu acara puncak Sanfest pada Agustus 2022 mendatang," ujar pria yang biasa disapa Gusde itu.

Sementara SVF yang sempat tak terselenggara selama dua tahun (2020 dan 2021) karena pandemi COVID-19 akan digelar kembali pada 17-21 Agustus 2022.

Seperti halnya suguhan SVF yang telah digelar sejak 2006 itu, program yang disajikan dalam Surya Sewana antara lain musik, pertunjukan budaya, bazar kuliner, fashion show, sunrise yoga, creative art, talkshow, dan pameran seni.

Gusde mengatakan, spirit Surya Sewana dimaknai sebagai ritual menyambut mentari pagi dalam lantunan doa dan mantra. Keluarga besar yoga asanas Seger Oger akan menggelar yoga massal di tepi Pantai Griya Santrian Resort pada 3 Juli 2022.

Baca juga: Ubud Food Festival "goyang lidah" 8.000 pecinta kuliner

Setelah yoga di pagi hari, pengunjung bisa menikmati berbagai acara menyenangkan bernuansa Sunday Market Sewana Surya di lokasi utama Kebun Terbuka Griya Santrian Resort.

Beragam aktivitas permainan anak-anak, kuliner, sayur dan buah segar, bunga, dan aneka hiburan akan memanjakan pengunjung sambil menikmati paginya Pantai Sanur.

"Surya Sewana Road to Sanfest 2022 adalah penyemangat bagi komponen SVF untuk menginstal ulang serta mengikat spirit kembali untuk menggelar hajatan akbar SVF pada Agustus 2022. Sanfest 2022 juga masuk dalam agenda Kharisma Event Nusantara 2022 Kemenparekraf," ujar Gusde.

Menurut Gusde, pengunjung Surya Sewana Road to Sanfest 2022 akan dikenakan tiket masuk untuk mengontrol kapasitas tempat penyelenggaraan sekaligus untuk menjaga jarak.

Tiket masuk Road to Sanfest 2022 bisa dibeli secara daring dengan penawaran pre-sale Rp35.000 untuk kunjungan sehari atau tiket terusan untuk tiga hari Rp100.000, sedangkan pembelian tiket reguler di lokasi acara Rp50.000 per hari.

Pembelian tiket daring bisa melalui laman https://goers.co/suryasewana atau dengan memindai QR code pamflet Surya Sewana Road to Sanfest 2022 yang telah beredar.

Gusde menambahkan, seluruh kegiatan ini bernaung di bawah payung Sanur Village Festival dengan tema utama "The New Spirit of Heritage".

Sebelumnya dalam lima hari penyelenggaraan Sanur Village Festival pada 2019, jumlah kunjungan bisa mencapai 60 ribu hingga 70 ribu orang dengan perputaran uang mencapai sekitar Rp44 miliar hingga Rp45 miliar.

Baca juga: Dieng Culture Festival 2022 bakal digelar pada bulan September

Baca juga: Pesan Festival Nusantara Gemilang Polri jaga persatuan kesatuan

Baca juga: 40 pedagang siap ramaikan Festival Baso Aci di Garut

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar