Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menghadiri pelantikan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, di Museum Nasional Manila, Kamis.

Mahfud sebagai Utusan Khusus Presiden RI berkesempatan berjabat tangan dengan Presiden Marcos dan menyampaikan selamat dan salam dari Presiden RI Joko Widodo.

"Tadi saya menyampaikan salam dan selamat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Marcos. Kami berharap hubungan Filipina dengan Indonesia semakin baik dan kerja sama antar-dua negara ini semakin menguat," papar Mahfud usai menghadiri pelantikan, seperti dikutip dalam siaran persnya.

Baca juga: Ferdinand Marcos Jr dilantik sebagai Presiden Filipina

Baca juga: Filipina: Yasonna berjasa jamin keselamatan warga di masa pandemi


Kedatangan Mahfud di Filipina disambut Duta Besar LBBP RI untuk Republik Filipina Agus Widjojo, dan pejabat dari Kementerian Luar Negeri Filipina.

Presiden Marcos Jr dilantik sebagai Presiden Ke-17 menggantikan Presiden Duterte, dan akan menjabat untuk periode enam tahun.

Pelantikan dilakukan dengan pengawalan yang ketat. Sebelum pelantikan diselenggarakan pawai gabungan militer dan sipil.

Selain Mahfud, sejumlah wakil negara sahabat turut hadir, antara lain, wakil dari negara ASEAN yang umumnya diwakili Utusan Khusus setingkat Menteri, Amerika Serikat, dan lainnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022