Jakarta (ANTARA) - Warga Jakarta menyambut baik keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang membuka kembali kawasan objek wisata Monumen Nasional (Monas) Jakarta secara terbatas mulai 17 Juni 2022 usai penutupan karena pandemi COVID-19.

"Untuk selama uji coba yang di kawasan ini yang sudah berjalan kalau di weekdays itu di bawah 10 ribu, tapi luar biasanya di minggu lalu kita mencapai angka 103.997 orang," kata Staf Pelayanan/Humas Pengelola Kawasan Monas Nursamin kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Anies pamerkan hasil revitalisasi Plaza Selatan Monas

Pada Kamis, terlihat banyak pengunjung yang memasuki gerbang menuju kawasan Monas dengan diarahkan sejumlah petugas.

Nursalim menyatakan pengelola akan membuka bagian gedung di kawasan Monas untuk umum dengan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah.

Menurutnya loket penjualan tiket untuk memasuki bagian gedung akan dibuka hingga pukul 15.00 WIB pada Jumat besok, sedangkan kawasan sekitarnya tetap dibuka seperti biasa pukul 16.00 WIB.

Namun untuk sementara, pengelola masih membatasi warga yang ingin mencapai pelataran atas terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Bahkan saat jam operasional hampir berakhir masih banyak warga yang berdatangan, di antaranya bahkan datang dari wilayah yang cukup jauh.

Baca juga: Pengelola Monas tidak batasi jumlah pengunjung saat uji coba pembukaan

"Udah lama tutup ya ini ya, baru buka lagi ya seneng," ucap seorang pengunjung, Rini.

Rini yang datang dari Cikarang Bekasi, bersama anaknya berharap Monas kembali membuka akses ke monumen dan menyediakan kereta keliling.

Pengunjung lainnya memanfaatkan untuk mengerjakan tugas kuliah di Monas.

"Ke sini pengen nyelesain tugas kuliah si, ga si tugas kuliah buat wawancara aja, wawancara orang sekitar" tutur salah satu pengunjung lain, Lusi.

Ia juga berharap bagian monumen segera dibuka kembali sehingga warga yang berkunjung dapat mengetahui tentang Jakarta lebih jauh lagi.

Baca juga: Wagub DKI janjikan Monas bisa dibuka pekan ini

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022