Bengaluru (ANTARA) - Mata uang Asia akan berjatuhan dalam waktu dekat, analis memperkirakan minggu ini, dengan jeda dari kerugian semester pertama mereka hanya mungkin datang dalam bentuk normalisasi kebijakan proaktif oleh bank-bank sentral regional dikombinasikan dengan pemulihan China.

Gabungan dari kenaikan harga-harga komoditas dan perbedaan suku bunga yang menyempit telah menambah tekanan pada sebagian besar mata uang Asia, dengan beberapa mencapai posisi terendah multi-tahun dalam beberapa pekan terakhir.

Valuta asing telah mengalir keluar dari negara-negara berkembang Asia, tidak termasuk China, selama lima bulan berturut-turut dalam menghadapi keengganan bank-bank sentral untuk menaikkan suku bunga.

Dolar Taiwan, won Korea Selatan, dan peso Filipina semuanya melemah lebih dari 6,8 persen terhadap dolar AS yang kuat tahun ini, sementara rupee India mendekati rekor terendah.

Meningkatnya kekhawatiran akan resesi global telah memaksa investor untuk meninggalkan saham-saham dan aset-aset Asia yang lebih berisiko demi obligasi dan greenback, yang baru-baru ini mencapai level tertinggi hampir dua dekade terhadap mata uang utama lainnya.

Sementara bank-bank sentral Asia telah berubah lebih hawkish baru-baru ini untuk mengendalikan lonjakan harga-harga, fokus pada pertumbuhan dan inflasi yang relatif terkendali berarti kenaikan suku bunga tidak seagresif yang dilakukan oleh Federal Reserve AS.

"Kenaikan suku bunga (di Asia) pada akhirnya akan menjadi kuantum yang lebih kecil dan pada kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan Fed AS. Jadi, perbedaan suku bunga kebijakan akan terus bergerak melawan Asia," Duncan Tan, analis suku bunga di DBS Bank, mengatakan.

Dari 13 analis dan ahli strategi yang diwawancarai minggu ini, lebih dari setengahnya memperkirakan mata uang Asia akan tetap di bawah tekanan selama pengetatan Fed yang agresif berlanjut.

"Kita mungkin bisa melihat stabilisasi EMFX (mata uang negara berkembang) begitu puncak hawkishness tercapai, tetapi setiap kenaikan yang berarti akan bergantung pada pertumbuhan dan mundurnya dolar AS," Christopher Wong, ahli strategi valas di Maybank, mengatakan.

Meskipun pemulihan ekonomi China setelah pencabutan pembatasan COVID-19 dapat mendorong arus dana kembali ke Asia, investor akan menahan diri untuk tidak bertaruh besar sampai mereka melihat data yang memungkinkan mereka mengukur laju pemulihan apa pun.

"Kenyataannya adalah bahwa China menemukan dirinya membuka diri terhadap ekonomi global yang melambat. Ini membuat negara rentan memasuki paruh kedua tahun 2022," kata Daniel Dubrovsky, ahli strategi IG.

Eksportir komoditas bersih Indonesia, yang secara historis dianggap rentan terhadap pengetatan kebijakan global, tetap tangguh kali ini, dengan ekspor komoditas yang kuat dan pembukaan kembali dari pembatasan COVID-19 membantunya mengungguli pasar lain.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia adalah satu-satunya indeks ekuitas utama di kawasan yang membukukan kenaikan signifikan tahun ini, melonjak hampir 5,0 persen.

Baca juga: Dolar sedikit melemah di Asia, menjelang laporan data pekerjaan AS

Baca juga: Asing keluar dari ekuitas Asia untuk bulan ke-5 beruntun pada Mei 2022

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022