Alhamdulillah pagi ini kita melakukan peletakan batu pertama
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai membangun Kampung Gembira Gembrong di Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur sebagai pengganti terhadap 136 unit rumah korban kebakaran pasar itu beberapa waktu lalu. 

"Alhamdulillah pagi ini kita melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Kampung Gembrong ini dan rencananya dinamai Kampung Gembira Gembrong," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Jakarta, Jumat.

Anies menjelaskan rumah sebanyak itu akan direvitalisasi dan ditargetkan rampung pada September 2022.

Anies menyebutkan, pembangunan permukiman warga Pasar Gembrong tersebut menelan biaya hingga Rp7,6 miliar dengan sumber anggaran dari Baznas Bazis Jakarta.

Dia mengatakan pembangunan kembali permukiman warga korban kebakaran Pasar Gembrong itu dirancang agar memberikan kenyamanan bagi warganya.

Baca juga: Bangunan permukiman Pasar Gembrong dirobohkan untuk revitalisasi

Kampung Gembira Gembrong mengusung konsep pengembangan daerah tepian air (water front city).

Tak hanya permukiman warga, namun juga dibangun ruang terbuka ramah anak hingga lanjut usia (lansia).

"Rancangannya dirancang menjadi kampung yang nyaman bagi semua, bukan sekadar bangun unit per unit tapi membangun kampung yang terintegrasi," ujar Anies.

Anies berharap pembangunan Kampung Gembira Gembrong dapat berjalan sesuai rencana dan bisa kembali menggerakkan roda perekonomian masyarakat yang terdampak musibah kebakaran.

"Awalnya pengembalian tempat ini untuk bisa dihuni kembali. Sesudah itu mereka nanti insya Allah bisa berusaha lagi sehingga nanti bisa lebih sejahtera," kata Anies.

Baca juga: Jaktim siapkan konsep revitalisasi Kampung Gembrong Bahagia

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022