seluruh tenaga dan pemikiran beliau dicurahkan dan didedikasikan untuk kepentingan bangsa
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menilai Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang memberikan pengabdian luar biasa dan tanpa kenal lelah serta berbuat yang terbaik untuk kepentingan bangsa dan negara.

Karena itu, dia merasa kehilangan atas meninggalnya Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo pada Jumat (1/7) pagi.

“Kami sama-sama berjuang di politik, beliau sebelumnya menjadi Sekjen PDI Perjuangan, kita banyak berinteraksi bersama. Lalu menjadi Mendagri dan MenPAN RB, seluruh tenaga dan pemikiran beliau dicurahkan dan didedikasikan untuk kepentingan bangsa,” kata Muhaimin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, Tjahjo Kumolo termasuk salah satu tokoh politik yang kariernya cukup bagus dan jauh dari kontroversi. Ketua Umum DPP PKB itu mengatakan hingga akhir hayatnya, Tjahjo memberikan yang terbaik bukan hanya buat partainya PDI Perjuangan, tapi untuk kepentingan bangsa dan negara.

Baca juga: Menteri PANRB Tjahjo Kumolo meninggal dunia

“Saya baru tiba beberapa jam lalu di Kota Madinah dalam rangkaian ibadah haji. Saya kaget dan turut berduka sedalam-dalamnya atas wafatnya saudara seperjuangan saya di politik dan pemerintahan, Bapak Tjahjo Kumolo," ujar politikus yang biasa disapa Cak Imin itu.

Muhaimin menyampaikan doa agar Tjahjo Kumolo mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Swt dan diampuni segala kesalahannya.

“Selamat jalan Pak Tjahjo Kumolo. Insyaallah kami akan melanjutkan perjuangan bapak untuk kebaikan masa depan Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini mengonfirmasi berita duka bahwa MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pukul 11.10 WIB, Jumat.

Menteri Tjahjo menjalani perawatan intensif di RS tersebut sejak pertengahan Juni 2022.

Baca juga: Masinton: Tjahjo telah dirawat di rumah sakit sebelum Rakernas PDIP

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022