Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melakukan pemantapan manasik haji menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji lewat petugas bimbingan dan konsultan ibadah yang dilaksanakan setiap hari di tempat akomodasi atau hotel jamaah calon haji.

"Menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji yang semakin dekat, pemerintah Indonesia memberikan perhatian khusus terkait hal-hal yang manasik ibadah haji dan bimbingan ibadah haji," ujar Pelaksana Harian Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama Wawan Djunaedi dalam konferensi pers pelaksanaan ibadah haji di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan layanan ini hadir untuk mengingatkan, mengulas, dan memastikan jamaah tentang paham rukun, wajib, dan hal-hal lain yang diatur dalam ketentuan manasik haji.

Pada manasik tersebut, kata dia, disampaikan juga materi tentang rukhsah atau keringanan hukum dalam ibadah haji. Dengan demikian, jamaah yang kondisi fisik lemah dan sakit tetap bisa melaksanakan rangkaian ibadah sesuai dengan syariat dan hakikat ibadah.

"Kondisi lemah dan sakit tidak menghalangi jamaah untuk tetap melaksanakan haji sesuai dengan syariat dan hakikat ibadah sehingga haji mereka tetap sah dan mabrur," kata dia.

Baca juga: Wabup OKU Selatan lepas keberangkatan JCH ke Asrama Haji Palembang

Dengan demikian, pemerintah mengimbau jamaah untuk mengikuti manasik haji. Mereka diminta bertanya dan berkonsultasi jika belum paham dan jamaah lebih mengedepankan nilai ibadah makna dan hikmah dari rangkaian ibadah haji.

"Dengan demikian pemerintah benar-benar ingin setiap jamaah Indonesia dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadahnya dengan benar dan tertib," kata dia.

Kemenag juga melaporkan hingga saat ini jamaah calon haji yang telah tiba di Tanah Suci sebanyak 84.889 orang, sedangkan jamaah calon haji khusus telah tiba di Tanah Suci hingga hari ini sebanyak 3.407 orang.

Jamaah yang tiba Jeddah pada Jumat sebanyak 2.452 orang dari sembilan kelompok terbang (kloter) di enam embarkasi, yakni Balikpapan, Jakarta Saudi Airlines, Palembang, Solo, Surabaya, dan Ujung Pandang.

Baca juga: Bertambah satu calon haji Embarkasi Solo yang meninggal di Arab Saudi
Baca juga: Amirul Hajj pastikan jamaah calon haji dapat layanan terbaik
Baca juga: Total kedatangan calon haji reguler RI di Arab Saudi 84.889 orang

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022